budayajawa.id

Permainan Tradisional Kelom Batok Jawa Barat

0 12

Permainan Tradisional Kelom Batok Jawa Barat

Kelom batok hampir sama dengan egrang karena para pemainnya haruslah mengatur keseimbangan dan ketahanan tubuh. Hanya saja, kelom batok tidak menggunakan bambu sebagai media permainannya tetapi menggunakan batok seperti nama permainannya.

Batok kelapa dibelah dua sebagai pijakan kaki. Batok kelapa yang dipilih adalah batok yang punya diameter besar dan sudah tua. Jika sudah dibelah menjadi dua, bagian tengah batok kelapa diberi lubang untuk dipasang tali.

Talinya bisa dari serat pohon pisang ataupun tali ijuk muda. Memilih tali dari serat pohon pisang ataupun tali ijuk muda ini karena keduanya memiliki kelenturan dan juga kuat sehingga dapat memudahkan dalam bermain batok kelom.

Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan egrang, hanya saja yang jadi tumpuan atau pijakan adalah batok sedangkan tali menjadi pegangannya. Tali tak hanya menjadi pegangan tetapi juga berfungsi menjadi kendali pengatur naik turunnya kaki.

Kelom batok tak hanya memerlukan keseimbangan dan ketahanan tubuh saja tetapi juga fisik serta strategi dalam memainkannya. Pemain terbaik adalah pemain yang batoknya punya harmoni nada dan nyaring bunyinya.

Source https://porosbumi.com/ https://porosbumi.com/permainan-tradisional-jawa-barat/
Comments
Loading...