Permainan Tradisional Kelereng

0 339

Permainan Tradisional Kelereng

Salah satu permainan tradisional yang tidak asing lagi di kalangan anak-anak ialah permainan dengan menggunakan bola-bola kecil yang biasa disebut dengan Kelereng.

Kelereng adalah bola kecil yang terbuat dari marmer. Ukuran dari kelereng ini sekitar 1.25cm. Permainan ini sangat bermanfaat karena dapat melatih kesabaran. Biasanya permainan ini dimainkan oleh 3 – 4 anak atau 5 anak juga boleh, asalkan secara berramai-ramai.

Cara permainan tradisional kelereng ini antara satu daerah dengan daerah yang lainnya berbeda, salah satu caranya ialah :
1.Yang pertama dilakukan ialah gambar lingkaran kecil di tanah. Masing – masing anak menaruh sebutir kelereng di dalam lingkaran tersebut.

2.Selanjutnya semua anak tersebut berdiri kira-kira satu meter dari lingkaran gundukan kelereng, di belakang sebuah garis lurus, Secara bergantian, lemparkan sebutir kelereng ke arah lingkaran. Anak  yang kelereng nya paling jauh dari lingkaran itu yang bermain lebih duluan.

3.Dia harus memakai kelereng yang ada di luar lingkaran sebagai “Penyerang” untuk memukul kelereng di dalam lingkaran keluar. Kalau berhasil melakukannya, maka ia boleh menyimpan setiap kelereng yang kena jentik.

4.Pemenang adalah anak yang mengumpulkan kelereng atau gundu terbanyak.

Itulah salah satu permainan tradisional yang di lakukan anak-anak dahulu, walaupun sekarang masih ada tetapi sudah jarang yang melakukan permainan tersebut.

Source Permainan Tradisional Kelereng mangyono
Comments
Loading...