Permainan Tradisional Jawa Timur : Cublak-cublak Suweng

0 292

Cublak-cublak Suweng

Cublak-cublak Suweng adalah permainan tradisional asli Jawa Timur punya, permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak apalagi yang lahir tahun 90-an. Permainan ini juga masih dapat kamu jumpai karena masih sering dimainkan oleh anak-anak Jawa Timur. Selain itu permainan itu juga sudah di kenal anak-anak yang berasal dari luar daerah tersebut.

Cara melakukan permainan tradisional ini yaitu :

-Tahap yang pertama untuk memainkan permainan tradisional ini butuh sedikitnya 3 orang tapi lebih baik 6 orang atau lebih.

-Pada permainan ini ada yang namanya Pak Empo yang bertugas untuk mencari sebuah benda yang disebut seweng.

-Sebelum bermain akan ada pengundian siapa yang akan menjadi Pak Empo, setelah itu duduklah dan lingkari Pak Empo yang berbaring telengkup.

-Tahap yang selanjutnya yaitu cari benda yang nantinya akan dijadikan sebagai saweng, sambil menyanyikan lagu Cublak-cublak Suweng, benda itu beralih dari satu tangan ke tangan yang lainnya.

-Yang terakhir apabila nyanyian sudah selesai maka berhentilah benda tersebut di tangan salah satu orang, lalu semua pemain menggenggam tangannya untuk mengecoh Pak Empo mencari benda tersebut.

Ada dua anggapan bahwa :

1.Apabila Pak Empo salah menebak benda tersebut makan, pemain yang menjadi Pak Empo akan terlungkup dan mengulang nya kembali.

2.Akan tetapi, jika Pak Empo berhasil menebak benda tersebut maka, yang ter tebak akan mengganti kan posisi nya sebagai Pak Empo. Permainan selesai jika seluruh pemain menyepakati untuk selesai.

 

Source Permainan Tradisional Jawa Timur Cublak-cublak Suweng azzamaviero
Comments
Loading...