Permainan Tradisional Jawa Barat “Ucing Béling”

0 537

“Ucing Béling”

Salah satu daerah yang memiliki banyak permainan tradisional ialah Jawa Barat, di sana sangat terkenal banyak permainan yang di mainkan oleh anak-anak hingga di luar daerah tersebut. Permainan tradisional dari Jawa Barat diantaranya ialah Ucing BelingBiasanya permainan ini menggunakan media pecahan beling atau kaca yang ditumbuk menjadi kecil.

Cara memainkan permainan Ucing Beling yaitu :
  1. Yang pertama semua pemain membuat pecahan kaca kecil dan kemudian membuat garis bulat di tanah, ukuran bulatan garis disesuaikan dengan pemain.
  2. Dengan melakukan cingciripit, hompimpah atau suten (suit) pemain menentukan siapa yang menjadi kucing.
  3. Kucing akan menghitung angka biasanya hitungan antara 1 sampai 10,  sementara pemain lain menyembunyikan pecahan beling di area garis bulat tadi dan menyamarkannya agar tidak terlihat oleh si kucing yang nanti akan mencarinya.

Sehingga permainan tradisional ini juga melatih ketelitian dari anak-anak yang bermain dengan menggunakan media tersebut. Selain itu juga melatih kepekaan anak terhadap benda yang di sembunyikan. Bila anak sudah bisa mengetahui keberadaan benda yang di sembunyikan tersebut biasanya anak akan merasa senang. Selain itu permainan ini dilakukan dengan teman yang lain bisa melatih kedekatan antar sesama teman.

Source Permainan Tradisional Jawa Barat “Ucing Béling” salamadian
Comments
Loading...