Permainan Tradisional Hompimpa atau Gambreng

0 100

Hompimpa atau gambreng adalah salah satu permainan tradisional Nusantara. Dalam budaya Jawa, hompimpa dilakukan sembari mengucapkan kalimat ”Hompimpa alaium gambreng”. Dalam budaya Betawi, hompimpa diucapkan dengan kalimat “Hompimpa alaium gambreng, Mpok Ipah pakai baju rombeng”. Karenanya, permainan hompimpa sering disebut juga dengan permainan gambreng.

Hompimpa atau gambreng adalah permainan yang dilakukan untuk mengawali berbagai permainan lainnya. Hompimpa diucapkan sambil meletakkan tangan saling berhimpitan. Masing-masing anak akan membalikkan tangan mereka menjadi telapak tangan yang putih atau tidak membalikkannya. Warna mana antara telapak tangan dan belakang tangan yang paling sedikit, dialah yang menjadi pemenang.

Permainan hompimpa memiliki aturan, yaitu pemain harus cepat dan serentak. Jika ada yang terlambat atau terlalu cepat, permainan harus diulang kembali. Ketika tangan diangkat ke atas untuk dibalik atau tidak, para pemain akan mengucapkan “hompimpa alaium gambreng”. Permainan ini dilakukan oleh lebih dari dua orang.

Jika yang bermain hanya dua orang, masing-masing pemain akan mengeluarkan jari kelingking, telunjuk, atau ibu jari, sesuai keinginan. Hal ini juga dilakukan secara serentak agar tidak ada kecurangan. Jika jari telunjuk bertemu ibu jari, yang menang adalah ibu jari. Jika ibu jari bertemu dengan kelingking, yang menang adalah kelingking. Jika telunjuk berjumpa dengan kelingking, yang menang adalah telunjuk. Jika telunjuk bertemu telunjuk, permainan dianggap seri dan harus diulang kembali. Demikian juga jika kelingking bertemu kelingking atau ibu jari bertemu ibu jari.

Tujuan permainan ini adalah agar para pemain dapat dengan mudah menentukan siapa yang akan menjadi pemain pertama dalam suatu permainan. Dengan kata lain, hompimpa dilakukan untuk memilih starter atau pemain pertama.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/11/permainan-tradisional-hompimpa-atau-gambreng/
Comments
Loading...