Permainan Tradisional Gasing Bluluk Kelapa Yogyakarta

0 55

Permainan Tradisional Gasing Bluluk Kelapa Yogyakarta

Gasing tradisional yang menggunakan Bluluk. Bluluk adalah bakal buah dari pohon kelapa. Seperti kita ketahui sebelum menjadi kelapa, ada beberapa proses yang harus dilewati. Pertama mancung (bentuknya seperti rudal namun ujungnya runcing, didalamnya ada bunga kelapa), kemudian manggar (kembang kelapa) kedua buluk (besarnya sekitar kepalan tangan anak-anak), dengki (sudah mirip kelapa namun belum ada daging kelapanya) degan (kelapa muda) lalu baru menjadi kelapa.

Bagi generasi platinum (generasi yang lahir tahun 2000 ke atas). Tak banyak tahu tentang bluluk ini, namun bagi generasi 80-90-an, pastinya sudah tak asing dengan yang namanya bluluk ini. Bluluk memang menjadi salah satu mainan yang populer bagi anak-anak generasi 80-90-an. Permainan ini berupa bluluk yang diberi karet gelang yang ditahan dengan tusukan lidi.

Bahan Untuk Membuat Bluluk

Bluluk

Gelang Karet (yang sudah dipotong)

Lidi (dipotong sekitar 5 cm)

Cara membuatnya

Ambillah satu buah buluk. Kemudian bukalah kelopak yang ada di bagian pangkal buluk. lalu letakkan gelang karet pada bagian kelopak yang sudah dihilangkan tadi kemudian Usu karet tersebut sampai masuk ke dalam buluk. Karetnya jangan sampai putus. Dan sisakan bagian lainnya.

Cara Memainkannya

Peganglah salah satu ujung karet. Kemudian putar-putarkan diatas tanah. Setelah karet terpilin-pilin, angkatlah. Maka akan terjadi putaran bluluk yang mengasyikkan.

Source http://www.yogyatrip.com/ http://www.yogyatrip.com/bluluk-kelapa-makanan-dan-permainan-tradisional/ http://www.agusmulyadi.web.id/2014/03/mengenang-bluluk-kambil.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.