Permainan Tradisional Galah Asin Jawa Barat

0 491

Galah Asin Jawa Barat

Sejenis permainan daerah dari Indonesia yang saat ini masih dapat kita jumpai dimainkan anak-anak sekolah dasar maupun pada taman kanak kanak biasanya disebut dengan Galah Asing atau sering kali pada anak-anak menyebutnya dengan Gobag Sodor.

Terkadang anak-anak melakukan permainan tersebut secara bersama-sama dengan yang lainnya, dan di lakukan di halaman yang cukup luas.

Biasanya dalam permainan tersebut, terdapat garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horizontal dan garis batas vertikal, yang bertugas menghadang lawan agar tidak melewati garis tersebut.

Gobag Sodor merupakan suatu istilah atau sebutan yang dikenal di daerah Jawa Tengah, sedangkan di daerah lain seperti galah lebih kenal di Kepulauan Natuna, sementara di beberapa daerah Kepulauan Riau lainnya dikenal dengan nama galah panjang. Sedangkan, di daerah Jawa Barat di kenal dengan nama Galah Asin atau Galasin.

Cara melakukan permainan ini yaitu:
  • Membuat garis-garis penjagaan dengan kapur seperti lapangan bulu tangkis, bedanya tidak ada garis yang rangkap.
  • Membagi pemain menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 – 5 atau dapat disesuaikan dengan jumlah peserta. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”.
  • Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan , caranya yang dijaga adalah garis horizontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal. Untuk penjaga garis horizontal tugasnya adalah berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.
  • Sedangkan tim yang menjadi “lawan”, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai ke baris awal. Yang bisa melewati biasanya bisa menang.
Peraturan

Berikut ini peraturan – peraturan yang berlaku dalam permainan Galah Asin adalah sebagai berikut:

  • Pemain terbagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3 – 5 orang atau bisa disesuaikan berdasarkan jumlah yang mengikuti permainan tersebut.
  • Pembagian kelompok tersebut yaitu : Tim “jaga” bertugas menjaga agar tim “lawan” tidak bisa menuju garis finish.
  • Tim “lawan” berusaha menuju garis finish dengan syarat tidak tersentuh tim “jaga” dan dapat memasuki garis finish dengan syarat tidak ada anggota tim “lawan” yang masih berada di wilayah start.
  • Tim “lawan” dikatakan menang apabila salah satu anggota tim berhasil kembali ke garis start dengan selamat atau tidak tersentuh tim lawan, begitu juga dengan teman lainnya juga tidak tersentuh lawan.
  • Tim “lawan” dikatakan kalah jika salah satu anggotanya tersentuh oleh tim “jaga” atau keluar melewati garis batas lapangan yang telah ditentukan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan dilakukan pergantian posisi yaitu tim “lawan” akan menjadi tim “jaga”, dan sebaliknya.
Manfaat

Adapun manfaat dari permainan ini yaitu :

1.Nilai Spiritual dalam Permainan Gobak Sodor selain kebersamaan, kita juga bisa belajar kerja sama yang kompak antara satu penjaga dan penjaga lain agar lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan kita.

2.Sedangkan di pihak lain bagi penerobos yang piawai, disana masih banyak pintu-pintu yang terbuka apabila satu celah dirasa telah tertutup.

3.Ada nilai agar tidak mudah putus asa.

4.Mengajarkan selalu berusaha dalam suatu halangan dan hambatan.

Source Permainan Tradisional Galah Asin Jawa Barat guru kelas 6 sd K Hasyim Surabaya
Comments
Loading...