Permainan Tradisional : Encrak

0 532

Encrak

Cara memainkan permainan tradisional ini yaitu :

1.Pada tahapan pertama

Langkah yang pertama kita harus mengumpulkan butiran batu sesuai yang disepakati dengan lawan kita. Jumlah biji batu tergantung seberapa kita akan menggunakannya.

2.Yang ke Dua

Biji batuan yang telah ada di punggung tangan tidak serta merta menjadi kojo, namun harus terlebih dahulu di lempar lagi ke atas untuk kemudian ditekuk ditangkap oleh telapak tangan tersebut.

3.Ke Tiga

Permainan akan berlanjut setelah kita memiliki minimal sebuah kojo. Kemudian secara bertahap kita harus mengambil satu persatu batu-batu lain yang tersebar di lantai setelah kita melempar batu kojo yang kita miliki ke atas dan menangkapnya kembali setelah kita mendapatkan batuan yang kita ambil di lantai.

4.Yang Terakhir

Secara terus menerus ini berulang sampai batu habis, dan kemudian dihitung siapa yang mendapatkan biji batu lebih banyak, maka dialah pemenangnya.

Permainan tradisional  seperti ini terkadang kita lupakan dan dimulai dari hal yang sederhana, dari lingkungan terkecil keluarga kita, mari kita kembali ajak anak-anak kita untuk mengenal permainan-permainan edukatif dan alami yang tersebar begitu banyak di hadapan kita semua. Sehingga anak dapat diasah kreatifitas dan kerja samanya dengan teman-temannya.

Source Permainan Tradisional Encrak kompasiana
Comments
Loading...