Permainan Tradisional Bandring atau Ketapel Jawa Barat

0 112

Permainan Tradisional Bandring atau Ketapel Jawa Barat

Orang Sunda merupakan kelompok etnis terbesar kedua di Indonesia. Ada sejarah yang kompleks di balik tradisi budaya mereka yang kaya. Sejarah ini dapat ditelusuri kembali ke abad kelima Masehi dan dinasti Tarumanagara, yang membentuk hubungan dagang yang membentang sejauh China.

Orang sunda memiliki warisan budaya yang sangat kaya. Banyak bintang pop paling terkenal di indonesia adalah orang sunda. Musik lokal kadang diatur untuk irama “musik rumah”. Salah satu varietas yang lebih tradisional disebut degung.

Banyak sekali permainan yang pada saat dahulu populer dan sekarang begitu saja dilupakan karena perkembangan jaman yang semakin canggih. Misalnya permainan bandring, bandring merupakan sebuah permainan yang menyerupai ketapel.

Sebuah katapel  merupakan sebuah senjata kecil yang berukuran tangan dengan proyektil bertenaga. Permainan ini mempunyai bentuk klasik terdiri dari bingkai berbentuk “Y” yang dipegang di tangan lepas (tangan nondominan), dengan dua strip karet alam yang menempel pada hak atas.

Ujung lain dari strip memimpin kembali ke saku yang memegang proyektil. Tangan yang dominan memegangi saku dan menariknya kembali ke tingkat yang diinginkan untuk memberi daya proyektil-sampai ke rentang penuh lengan dengan pita yang cukup panjang.

Banyak sekali kelemahan atau sesuatu yang dapat membahayakan dari ketapel adalah probabilitas tinggi bahwa tarikan yang dihasilkan akan gagal yang nantinya jika ketapel dimainkan oleh seseorang yang kurang profesional maka akan mengakibatkan sesuatu yang fatal  misalnya yang dapat menyebabkan luka mata dan wajah.

Salah satu metode untuk meminimalkan kemungkinan kegagalan dari permainan bandring ini adalah dengan menggunakan pita yang meruncing, lebih tipis di ujung kantong, dan lebih tebal dan kuat di ujung ketapel. Desain yang menggunakan bagian longgar di bagian ketapel adalah yang paling berbahaya.

Karena bisa menyebabkan bagian-bagian itu didorong kembali ke wajah si penembak. Jika ketapel ini bisa terlepas dari slot tempat kedudukan ketapel itu, dan bola yang dijadikan sebagai alat atau peluru ituakan menghantam keras dan dapat mengakibatkan kebutaan dan gigi yang patah. Indonesia juga memiliki sebuah ketapel yang sangat populer di wilayah sunda yakni bandring.

Bandring merupakan sebuah permainan tradisional yang sangat populer di wilayah tatar sunda dan ini merupakan sebuah permainan yang menyerupai ketapel. Bandring ini menggunakan atau terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam.

Sebenarnya ini bukan ketapel permainan, tapi anak-anak sering memakainya ketika saya masih kecil untuk bermain dan berburu burung. Ini adalah permainan dengan target jepretan lomba menembak seperti kaleng atau buah.

Ketapel terbuat dari ranting pohon dan dipotong untuk membentuk huruf “Y”, peluru yang bisa dilontarkan dengan menggunakan kerikil atau jambu biji masih kecil. Pelontarnya digunakan untuk getah karet dengan kepang dan diikatkan ke cabang masing2 ketapel, batu peluru yang tertangkap di selembar karet atau kulit.

Batang kayu yang sering digunakan untuk melontar biasanya cabang pohon jambu biji. Karena teksturnya keras dan keras tapi tidak mudah pecah. Cabang yang lebih besar digunakan sebagai sling shot maka kekuatannya namun juga semakin besar ketepatan tembakannya berkurang. Digunakan saat cabang kecil, maka keakuratannya cukup akurat dan mudah ditembak di tempat kejadian. Jadi biasanya anak2 suka membuat jepretan dengan cabang kecil.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/bandring-permainan-tradisional-yang-menyerupai-ketapel/

Leave A Reply

Your email address will not be published.