Permainan Tradisional Ajang-ajangan Jawa Barat

0 366

 Ajang-ajangan Jawa Barat

Dalam Bahasa Sunda, berkunjung ke rumah orang lain disebut dengan Ajang-ajangan. Sedangkan dalam permainan tradisional, Anjang-anjangan  adalah permainan anak-anak dengan meniru kebiasaan orangtua dalam berkeluarga, mencari nafkah, dan lain-lain.

Hal-hal yang di gunakan dalam permainan ini, terdiri dari peralatan berdagang, perabot dapur, dan lain-lain dengan ukuran mini. Anjang-anjangan pada umumnya dilakukan oleh anak perempuan berusia antara 7 hingga 12 tahun, di halaman atau teras rumah. Anak-anak biasanya memainkan permainan tersebut secara sendiri atau dengan teman yang lainnya.

Cara permainan Anjang-anjangan

Versi permainan tersebut yaitu:

1.Yang pertama

Adalah dengan memakai alat masak-masakan mainan atau barang tiruan lainnya seperti kompor dan lain-lain. Bisa juga berupa kerajinan yang dibuat sendiri. Jadi cara pertama itu sama saja melakukan permainan seperti dalang.

2.Yang kedua

Yaitu seperti main sinetron atau sandiwara, ada yang menjadi bapak, ibu dan juga anak nya dan berlagak seperti peran tersebut. Barang-barang yang digunakan yang ada di rumah masing-masing saja.

Permainan tersebut sering dilakukan oleh anak-anak saat kecil, mereka terkadang memerankan suatu adegan bersama dengan teman mereka, permainan tradisional ini bisa kita jumpai di kalangan anak-anak. Walau sekarang anak juga sudah jarang yang memainkannya sebab adanya teknologi yang semakin berkembang di zaman modern ini. Di zaman sekarang mungkin anak-anak sudah banyak yang bermain dengan handpone dan sejenis barang teknologi lainnya dari pada permainan tradisional ini.

Source Mengenai Permainan Tradisional Ajang-ajangan Jawa Barat carapedia
Comments
Loading...