Permainan Sampyong Kabupaten Lumajang

0 156

Permainan Sampyong Kabupaten Lumajang

Sampyong” adalah sejenis permainan rakyat yang sampai kini masih hidup didaerah Ujung Timur pulau Jawa, yang terkenal dengan sebutan daerah Mendhalungan, yakni daerah campuran Jawa-Madura. Tetapi nama “Sampyong” populer didaerah Lumajang selatan, terutama di daerah-daerah kecamatan Kunir, Jatigana, Ram Palan, dan Yasawilangun. Sesekali permainan tersebut juga disebut jung.

Didaerah Besuki yaitu Bandawasa dan sekitar, permainan ersebut memang lebih dikenal dengan nama “Ojung”, yang mengi- lgatkan kita pada “Ojung” yang terdapat di daerah Sumenep,Madura. Dipandang secara sepintas, antara “Sampyong” Lumajang lan “Ojung” Sumenep memang keduanya memperlihatkan gejala yang sama. Sama-sama ada kaitannya dengan upacara ritual neminta hujan waktu kemarau panjang.

Keduanyapun menampil­kan permainan yang bersifat adu keberanian dengan cara sebat-menyebat dengan menggunakan batang rotan, sebagai alat penyebatnya. Dan bukan mustahil pula, bahwa sejarah awal “Sampyong” adalah satu dengan sejarah “Ojung”, dan mungkin juga bermula di daratan pulau Madura, kemudian terbawa oleh migran Madura ke Jawa di Ujung Timur ini.

Tetapi hal demikian sudah jauh lewat di masa lampau beberapa generasi, entah berapa, empat, lima generasi barangkali, tidak diketahui dengan pasti. Sebab, menurut informan, “Sampyong” sudah ada sejak dulu jaman nenek moyang masyarakat Lumajang.

Namun satu hal sudah pasti, yaitu terdapatnya beberapa segi perbedaan yang menarik, yang membedakan corak dan karakter, se­hingga dirasa perlu dalam tulisan ini menempatkannya di bawah judul tersendiri, terpisah dari “Ojung” Sumenep, Madura. 

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2013/03/05/sampyong-kabupaten-lumajang/
Comments
Loading...