Permainan Patrol Kabupaten Banyuwangi

0 212

Permainan Patrol

Permainan Patrol merupakan salah satu kesenian dari Desa Tumenggungan masih berada di dalam kota Banyuwangi, bekas  karesidenan Besuki, Jawa Timur. agak di bagian timur terhadap alon-alon kota. Desa ini diambil con­toh dalam penelitian Patrol ini oleh karena beberapa kali kesempatan diadakan semacam kompetisi atau lomba patrol, baik sekota Banyu­wangi maupun sekabupaten Banyuwangi, selalu memperoleh penghargaan terbaik.

Lagi pula banyak penduduk di sana yang mempu­nyai keahlian menonjol khususnya dalam pembuatan alat-alat patrol dan musik angklung Banyuwangi pada umumnya. Akan tetapi permainan patrol sendiri sangat populer hampir diselu- ruh kabupaten Banyuwangi, baik di kota maupun di desa-desa.

Hampir setiap kelompok masyarakat, kampung, pedukuhan, rukun tetangga, mempunyai’ perangkat patrol oleh karena alat musik ini sangat sederhana baik. Cara pembuatannya maupun cara memainkan­nya. Semenjak anak-anak, orang remaja dan dewasa, sampai pun yang tua-tua suka sekali memainkannya. Fungsinya yang sangat penting sehubungan, dengan kegiatan di bulan Ramadhan, sebagai nanti akan dijelaskan kemudian, menyebabkan daerah penyebaran patrol ini mencakup hampir seluruh ujung timur Jawa Timur itu. Bahkan permainan ini dikenal juga di daerah Jember, Bondowoso dan Besuki. 

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2013/03/04/patrol-kabupaten-banyuwangi/
Comments
Loading...