Permainan Jamuran Jawa

0 295

Permainan Jamuran Jawa

Sebuah permainan yang umumnya  dilakukan lebih dari 4 anak, dengan ideal permainan 10 anak. Permainan yang melekat pada anak- anak jaman dahulu di Tanah Jawa.

Permainan ini sangat mudah diantaranya ialah :

  • Tak Perlu Alat Bantu

Tindakan hompipah ini menjadi langkah awal dalam permainan ini, demi mendapatkan pemenang dan yang “dadi” alias yang “jaga”. Anak yang kalah yang akan menjadi pemain ‘dadi’ tersebut. Ia musti berposisi di tengah, sementara anak lain mengelilinginya (melingkar) dan bergandengan tangan.

  • Menyebut Nama Jamur

Misalnya yaitu menyebutkan Jamur parut, saat jamur parut itu disebutkan oleh yang “dadi” maka peserta lain mengambil posisi mengangkat kaki sebelah dengan catatan harus diam tak bersuara apalagi tertawa.  Disinilah letak keseruan dari permainan Jamuran ini.

Makna Jamuran

Makna yang terkandung di dalam lagu ini diantaranya ialah :

-Pertama, menyangkut pembelajaran tingkat wawasan dari yang “dadi”, apabila tak banyak pengetahuan –khususnya mengenai jamur – maka akan sangat lama dia menyebutkan jenis jamur yang akan diperankan.

-Kedua, pergaulan sosial, yaitu  meminimalisir atau mengurangi sifat egois, harus cekatan, banyak akal, dan tidak boleh cengeng.

Source Permainan Jamuran Di Jawa ensiklo
Comments
Loading...