Permainan Gogorolongan Atau Rorodaan

0 31

Permainan Gogorolongan Atau Rorodaan

Budaya dianggap sebagai konsep sentral dalam antropologi, meliputi rentang fenomena yang ditransmisikan melalui pembelajaran sosial di masyarakat manusia. Kebudayaan merupakan suatu kumpulan ide atau gagasan yang berisikan nilai dan norma yang bersifat abstrak karena bersumber dari pemikiran warga masyarakat. Atau suatu aktivitas yang saling berinteraksi satu sama lain.

Permainan tradisional merupakan suatu permaian yang merupakan simbol atau ciri khas suatu daerah. Permainan sering dimainkan semata-mata untuk hiburan, terkadang untuk prestasi atau untuk reward juga. Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya tradisional dan permainan. Seni budaya dan permainan tradisional sangat beragam namun banyak yang terancam punah karena tidak ada yang bisa melestarikannya.

Di era game elektronik dan mainan hi tech ini, kita sering lupa bahwa ini adalah penemuan paling sederhana yang bisa menghibur anak untuk jangka waktu yang lama. Meskipun permainan komputer berteknologi tinggi yang canggih tersedia di indonesia, seperti permainan permainan kubus, ponsel pintar, dan aplikasi game ipad yang populer, penemuan modern ini tidak terjangkau oleh sebagian besar penduduk. Permainan ini akan ditemukan di rumah keluarga kelas menengah ke atas.

Di antara orang-orang yang kurang beruntung secara ekonomi di masyarakat, seringkali sulit bagi orang tua untuk menghasilkan cukup uang untuk memberi makan keluarga mereka, jadi mainan seringkali cukup sederhana atau sesuatu yang telah dibuat oleh orang tua. Untungnya, mainan tradisional tidak mahal dan menyenangkan. Mainan anak-anak dan permainannya adalah anak-anak Indonesia hari ini.

Permainan tradisional seperti gobag/galah, kaleci, congkak, pecle dan lain sebagainya telah menjadi sumber hiburan bagi anak-anak di tahun 60 (enam puluh) hingga 90 (sembilan puluhan). Bermain game semacam itu sangat penting dalam perkembangan sosial, fisik dan kognitif anak-anak.

Di masa lalu, anak-anak terbiasa berkumpul dengan tetangga mereka untuk bermain berbagai permainan tradisional. Permainan ini memberi anak kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka melalui komunikasi dan kerjasama dengan teman mereka.

Sebagian besar permainan tradisional membutuhkan ketangkasan dan gerakan tubuh seperti ayunan lengan dan lompatan. Hal ini mendorong anak-anak untuk berolahraga dan meningkatkan koordinasi mata-tangan mereka.

Game tradisional sangat populer di kalangan orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan. Itu telah dimainkan oleh nenek moyang kita sejak mereka masih muda. Saat ini, sebagian besar permainan tradisional tidak dimainkan lagi oleh anak-anak karena mereka lebih tertarik bermain game komputer. Namun, beberapa anak yang tinggal di daerah pedesaan masih tertarik untuk bermain game tradisional

Permainan tradisional merangsang otak melalui pemikiran dan strategi logis. Studi telah menunjukkan bahwa untuk menjaga agar otak kita tetap sehat, kita perlu sering merangsangnya. Melalui membaca, belajar hal baru, bermain permainan kata atau papan permainan, memecahkan teka-teki, atau melakukan aktivitas fisik, otak kita tetap bugar.

Gogorolongan adalah peralatan permainan tradisional. Terbuat dari kayu, bambu, atau sandal bekas, terutama sandal cakar. Caranya tidak begitu sulit dilakukan oleh anak-anak dan tentu saja dengan modal murah, cukup kemauan dan keterampilan saja.

Karena memudahkan, maka, mainan pertama ini jadi anak senang melakukannya. Gogorolongan dikatakan, karena mainan ini ngagorolong (bisa bergerak maju dengan menggunakan roda karena dorongnya.) Gambar sederhana, gogorolongan berbentuk seperti roda yang digerakkan.

Permainan tradisional indonesia khususnya jawa barat memiliki keberagaman dan keunikan tersendiri. Setiap permainan mempunyai tata cara dan peraturan yang berbeda, atau peraturan itu dibuat sebagaimana hasil perundingan dari tiap pemain.

Permainan tradisional merupakan sebuah permainan yang sangat menyenangkan namun dibalik itu permainan tradisional memiliki nilai-nilai moral dan filosofis yang dapat dijadikan sebagai pandangan hidup. Seperti permainan tradisional rorodaan yang terdapat nilai kerja sama antara satu dengan yang lainnya.

Permainan tradisional rorodaan merupakan sebuah permainan khas jawa barat yang mungkin sudah tersebar di berbagai daerah di indonesia. Yang menjadi perbedaan antara permainan tradisional rorodaan khas jawa barat dan dengan permainan lainnya adalah telihat dari cara pembuatannya bentuk dari dudukan, stang, dan hiasan-hiasan lainnya.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/permainan-gogorolongan-atau-rorodaan-yang-bisa-dijadikan-sebuah-pertandingan-balapan-yang-asyik-dan-menyenangkan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.