Permainan Gatrik Jawa Barat

0 494

Permainan Gatrik

Gatrik merupakan permainan kelompok yang terdiri dari dua kelompok. Di Jawa, permainan anak tradisional ini dikenal dengan nama bentik. Ada yang menyebut pula nama permainan Gatrik ini dengan Tak Kadal.

Cara Permainan Tradisional Gatrik
1.Langkah yang pertama

Menyilangkan Gatrik pendek diatas batu atau wok dengan dilempar memakai Gatrik panjang,  untuk  tugas lawan adalah menjaga dan berusaha menangkap lemparan Gatrik pendek.

Apabila  tidak bisa maka masih ada kesempatan lagi yaitu dengan memasang Gatrik panjang di atas batu atau wok dengan posisi menyilang, sekarang yang dilempar adalah Gatrik pendek bila kena ke gatrik panjang maka gantian kelompok lawan yang memainkan Gatrik.

2.Pada Babak yang ke dua

Cara permainan Gatrik panjang dan Gatrik pendek dipegang oleh pemain Gatrik, gatrik pendek di pukul keras – keras supaya terlempar jauh dan tugas untuk lawan yaitu menjaga atau berusaha menangkap Gatrik pendek yang terlempar tersebut.

Sedangkan bisa tertangkap maka harus berusaha mendekatkan lemparan Gatrik pendek tersebut supaya terlempar mendekat wok atau sandaran batu, supaya pemain Gatrik tidak mendapat kan nilai karena terlalu dekat ke wok dan tidak bisa di jengkal.

3.Untuk babak yang terakhir yaitu babak ke 3

Gepok lele merupakan sebutan untuk babak yang paling akhir di permainan tersebut. Gepok Lele yaitu dengan cara menaruh gatrik pendek sejajar dengan wok lalu dipukul bagian ujungnya supaya Gatrik pendek tersebut terpental agak naik, apabila sudah begitu pukul sekali lagi dengan tenaga yang kuat.

Selain itu untuk tugas penjaga atau lawan tetap berusaha menangkap lemparan gatrik pendek yang dipukul tersebut bila tidak tertangkap maka pemain Gatrik tinggal menghitung jarak antara jatuhnya Gatrik pendek  ke wok atau batu sandaran, biasanya di hitung kelipatan lima. sepuluh, lima belas, dua puluh  jumlah tersebut untuk menentukan kemenangan dalam permainan tradisional tersebut.

Masih banyak lagi permainan yang di mainkan oleh anak-anak yang ada di daerah Jawa Barat ini, akan tetapi permainan tradisional terkadang lambat laun akan tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin maju dan modern.

Source Langkah-langkah Dalam Permainan Gatrik Jawa Barat permainan tradisional
Comments
Loading...