Permainan Engklek, Jawa Barat

0 312

Permainan Engklek

Permainan Engklek adalah permainan yang sangat di kenal oleh anak-anak, baik di Jawa Barat dan bahkan sampai ke luar daerah.

Permainan Engklek ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Melatih motorik kasar.
  2. Sarana olahraga yang menyehatkan tubuh. Permainan ini sekaligus dapat dijadikan olahraga yang menyehatkan tubuh karena kita dapat melatih pernapasan, melatih ketahanan otot, dan melancarkan peredaran darah.
  3. Mendeteksi diri.
  4. Problem solving. Yaitu kemampuan untuk mengatasi permasalahan secara pribadi oleh diri sendiri. Melalui permainan Engklek ini, anak akan berlatih untuk menemukan strategi permainannya sendiri.
  5. Melatih sosialisasi. Dengan permainan Engklek, maka anak dapat mengenal satu sama lain. Akan terjalin komunikasi yang baik ketika dalam permainan.
  6. Melatih berpikir kreatif.

 

Adapun cara memainkan permainan Engklek ini, yaitu:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan sebelum melakukan permaian Engklek adalah  menggambar bidang Engklek terlebih dahulu.
  2. Kemudian pemain harus melakukan hompimpah. Hompimpah di sini harus ditentukan yang berbeda pertama jalan memulai permainan atau jalan terakhir.
  3. Untuk dapat bermain, setiap anak harus mempunyai gacu.
  4. Para pemain harus melompat dengan menggunakan satu kaki di setiap kotak-kotak atau petak-petak yang telah digambarkan sebelumnya di tanah.
  5. Gacu dilempar ke salah satu petak yang tergambar di tanah, petak dengan gacu yang sudah berada di atasnya tidak boleh diinjak.
  6. Pemain tidak diperbolehkan untuk melemparkan gacu hingga melebihi kotak atau petak yang telah disediakan.
  7. Pemain yang menyelesaikan satu putaran sampai di puncak bidang.
  8. Apabila pemain berhasil mengambil gacu di puncak bidang, maka dia harus melemparkannya keluar dari bidang Engklek.
  9. Selanjutnya apabila berhasil pemain lanjut ke tahap mencari sawah dengan cara menjagling gacu dengan telapak tangan bolak-balik sebanyak 5 kali tanpa terjatuh.
  10. Pemain yang memiliki sawah paling banyak adalah pemenangnya.

Di Jawa Barat sangat banyak permainan tradisionalnya, yang menjadikan daerah tersebut kaya akan tradisi dan keunggulan dari wilayah tersebut.

Source Manfaat Permainan Engklek Jawa Barat navigaton ilmu
Comments
Loading...