Permainan Bola Api di Cileunyi, Bandung

0 223

Permainan Bola Api di Cileunyi, Bandung

Bulan puasa sudah di depan mata. Untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, beberapa daerah di Indonesia punya tradisi yang khas dan sarat makna.

Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali tradisi yang diadakan tiap daerah untuk menyambut datangnya bulan suci.

Selain sebagai tradisi yang menyatu dengan budaya, kegiatan ini juga menjadi hal yang menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Inilah beberapa daerah dengan tradisi sambut Ramadhan yang jadi atraksi wisata.

Permainan Bola Api di Cileunyi, Bandung


Bergeser ke Cileunyi, menyambut Ramadhan, anak-anak Kelurahan Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, bermain bola api. Permainan bola api dilakukan oleh 10 orang anak-anak yang dibagi ke dalam dua tim.

Secara umum, permainan bola api yang dilakukan anak-anak ini sama seperti permainan sepak bola pada umumnya. Namun yang membedakan, gawang hanya berukuran satu langkah kaki dan tanpa ada penjaga gawang.

Sebelum permainan dimulai, anak-anak berkumpul mengelilingi bola api yang terbuat dari batok kelapa yang telah direndam minyak tanah. Dibimbing salah seorang ustaz, mereka membaca doa sebelum permainan dimulai.

Usai membaca doa, para peserta mulai menempati posisi masing-masing. Bola dilempar panitia ke arena permainan, anak-anak langsung berebut mencari bola.

Meski tanpa alas kaki, anak-anak itu tetap bersemangat berebut bola. Mereka begitu kuat menggiring bola hingga menjebloskan bola ke gawang mini yang terbuat dari pot bunga. Lantunan salawat dengan alat musik rebana mengiringi permainan bola api. 

Source http://www.timurjawa.com/ http://www.timurjawa.com/2019/05/07/aneka-tradisi-sambut-ramadhan-di-indonesia/
Comments
Loading...