budayajawa.id

Permainan boi-boian dari Madura

0 8

Permainan boi-boian

Permainan boi-boinan merupakan permainan tradisional dari pulau jawa, permainan ini sangat sederhana dan mengasyikan namun permainan ini juga bisa dikatakan permainan yang menguji adrenalin karena dalam bermain boi-boinan terkesan menegangkan. Setiap peserta harus pandai-pandai menyelamatkan diri. Selain itu permainan tradisional ini sarat makna kehidupan. Boi-boian hampir sama dengan permainan bowling. Kita harus melempar bola ke sasaran yang akan dituju.

Permainan ini dinamakan permainan”boi-boian” karena pada jaman dahulu para pemainnya lebih banyak anak cowok yang dalam bahasa Inggrisnya “boy”. Karena itu, kami biasa menyebut permainan dengan permainan “boi-boian”. Uniknya permainan ini terletak pada aturan membawa bola. Kelompok yang berjaga berusaha melempar bola untuk mengenai kelompok bermain, tetapi bukan dengan membawa lari bola lalu melemparkannya mengenai tubuh lawan. Bola harus dioperkan kepada anggota kelompoknya sambil berusaha mengejar dan melemparkan bola. Apabila mereka berhasil menyusun pecahan genting tersebut, mereka berteriak ‘Boi-boi’, yang artinya mereka memenangkan permainan.

Pada perkembangannya, permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan. Sayangnya, saya sudah jarang menjumpai permainan tradisional ini. Dalam kenangan saya, boi-boian hampir sama dengan permainan bowling. Kami harus melempar bola ke sasaran yang akan dituju. Untuk membuat bola, kami bisa menggunakan kertas yang digulung kemudian diikat dengan karet gelang atau kita bisa menggunakan bola kasti. Setelah itu, kami mengumpulkan pecahan batu atau genteng yang nantinya akan disusun menjadi piramida.

Sejarah permainan boi-boian  berasal dari permainan anak-anak Cina. Anak-anak Cina biasa menyebutnya dengan permainan “Cinaboi”. Dahulu kala, anak-anak Cina banyak yang bertransmigrasi ke pulau Madura secara tidak langsung. Mereka memainkan permainan “Cinaboi” ini di daerah Madura, sehingga permainan ini berkembang pesat. Pada perkembangannya, anak-anak Madura menyebutnya dengan permainan”Boi-boian”. Permainan boi-boian ini harus dimainkan oleh dua kelompok. Satu kelompok bertugas untuk melempar bola sedangkan satunya menyusun kumpulan batu menjadi piramida atau tersusun ke atas. Permainan ini  membutuhkan kecepatan dalam menyusun kumpulan- kumpulan batu dan kerja sama antar-anggota.

Kelompok yang bertugas melempar harus bisa melempar hingga mengenai sasaran. Dalam melempar, kelompok pelempar hendaknya melempar bolanya sekencang-kencangnya, sampai kumpulan batu yang disusun oleh tim penyusun roboh. Pelemparan bola ini harus dilakukan secara bergantian antaranggota. Sedangkan tim penyusun berusaha untuk menghalau lemparan bola. Akan tetapi, dalam menghalau laju bola, tim penyusun berusaha sekuat tenaga dan sejeli-jelinya untuk tidak dikena lemparan. Jika lemparan bola tersebut yang mengenai anggotanya, berarti anggota tersebut tidak bisa melanjutkan permainan.

Kelompok yang bertugas menyusun batu, harus bisa menyusun sampai membentuk piramida. Jika tumpukan batunya roboh terkena bola, tim tersebut harus kembali menyusun batu yang berserakan. Karena itu, kelompok penyusun batu harus menunjuk satu orang yang bertugas menjaga tumpukan batu agar tetap membentuk piramida. Para anggota kelompok penyusun batu harus berhati-hati dalam menjaga batu-piramidanya. Bola yang dilemparkan pelempar jangan sampai mengenai kelompok mereka. Karena kalau mereka dikena bola, mereka dianggap gugur. Anggota yang gugur tidak bisa ikut permainan lagi. Ini berarti kerugian buat kelompok penyusun batu. Anggota mereka berkurang satu. Karena itu pula, dalam menyusun batu kelompok penyusun harus cepat dan cekat, sehingga kelompok pelempar tidak punya kesempatan untuk merobohkannya.

Satu ‘babak’ permainan ini akan dianggap selesai, jika kelompok penyusun berhasil menyusun batu sampai membentuk piramida. Setelah batu-batu tersebut tersusun, kelompok penyusun harus cepat mengatakan “Boi”. Dengan demikian, kelompok pelempar bola akan bertukar posisi dengan kelompok penyusun Biasanya, aku dan teman-teman memainkan permainan ini di saat jam istirahat sekolah atau ketika pelajaran olahraga berlangsung. Kadang-kadang, kami juga bermain saat pulang dari sekolah. Kalau teman-teman yang sudah SMP dan SMA, biasanya memainkan permainan ini saat pulang dari sekolah dan pada sore hari sebelum maghrib.

Source http://mabrurohemi.blogspot.co.id http://mabrurohemi.blogspot.co.id/2017/01/permainan-boi-boinan.html
Comments
Loading...