Permainan Anak ‘Ucing Napak’

0 103

Permainan Anak ‘Ucing Napak’

Banyak sekali jenis permainan anak-anak jaman dahulu dari daerah Bandung yang dipakai untuk mengisi waktu luang mereka. Mungkin permainan ini kurang diketahui oleh anak-anak jaman now, karena mereka lebih suka untuk memainkan gadget nya dibandingkan permainan jaman dahulu. Warga Bandung pasti familiar sekali dengan permaninan yang disebut ‘ucingan’. Banyak sekali jenis ‘ucingan’ atau permainan yang dimainkan oleh anak-anak disekitar Bandung, salah satu dari sekian banyak permainan anak adalah ‘ucing kup’ dan ‘ucing napak’. Tapi sekarang saya akan lebih fokus untuk membahas ‘Ucing Napak’.

 Permainan ‘ucing napak’ ini sendiri sebenarnya adalah salah satu permainan anak-anak yang kurang terkenal, hanya sebagian kecil saja yang mengetahui jenis permainan ini. Permainan ini pada dasarnya dimainkan oleh minimal 8 orang atau lebih. 2 orang bertindak sebagai ‘ucing’ atau penangkap dan yang lain bertindak sebagai pemain.

Cara memainkannya adalah, pertama kita akan membuat rumah untuk perlindungan pemain lain dari si ‘ucing’ dan menentukan tempat untuk ‘napak’ jika si pemain tertangkap oleh si ‘ucing’ . Rumah perlindungan tersebut dibuat membentuk lingkaran dari sendal para pemain. Setelah rumah perlindungan selesai di buat, para pemain dan ‘ucing’ akan membuat aba-aba bahwa permainan akan dimulai. Lalu setelah permainan dimulai semua pemain akan lari sejauh mungkin untuk menjauh dari si ‘ucing’. Pemain harus berusaha lari dan menghindar dari si ‘ucing’ dan bisa masuk ke rumah perlindungan, jika pemain tertangkap oleh si ‘ucing’ mereka harus ‘napak’ atau dengan kata lain menyentuh tembok atau tiang yang telah ditentukan sebelumnya.

 Pemenang dari permainan ini akan ditentukan dengan cara, jika si ‘ucing’ bisa menangkap semua pemain maka si ‘ucing’ dinyatakan menang, tetapi jika semua pemain bisa masuk ke rumah perlindungan maka yang dinyatakan pemenang adalah para pemain.

 Permainan diatas adalah salah satu permainan tradisional yang harus dilestarikan agar keberadaannya akan tetap ada walau jaman terus berubah, memang kita harus mengikuti perkembangan teknologi, tapi bukan berarti kita melupakan kebudayaan atau permainan yang dulunya menemani kita saat teknologi belum secanggih sekarang.

Source https://budaya-indonesia.org/Permainan-Anak-Ucing-Napak/ https://budaya-indonesia.org/Permainan-Anak-Ucing-Napak/
Comments
Loading...