Permainan Alung Sarung

0 245

Permainan Alung Sarung

Di era milenium ini permainan tradisional anak-anak di daerah Jawa Barat, mulai nampak mengalami pergeseran. Adanya persinggungan budaya modern terhadap budaya tradisional berdampak pula pada jenis permainan tradisional anak. Perubahan ini identik dengan adaptasi terhadap perkembangan jaman. Keterbuakaan informasi dan komunikasi, teknologi modern yang menyediakan aneka jenis permainan baru dengan peralatan yang modern pula, perkembangan pendidikan formal dan nonformal menjadi faktor pendukung adanya perubahan-perubahan ini. Saling keterkaitan antarmasing-masing dimensi memiliki peran krusial yang sama dan saling bergantung serta mempengaruhi. Satu sama lain memiliki hubungan sebab akibat, jadi apabila yang satu mengalami perubahan, maka yang lain pun ikut berubah. Salah satu permainan anak-anak dari Jawa Barat adalah Alung Sarung.

Alung sarung merupakan permainan yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Permainan ini bersifat olah raga. Alung sarung biasanya dilakukan oleh anak laki-laki, yang dahulu dilakukan oleh anak-anak sehabis pulang mengaji. Cara bermainnya harus menggunakan alat bantu berupa sarung. Lubang sarung disangkutkan pada pundak sebelah kanan, digulung seperti lingkaran itu dipegang dengan tangan sebelah kanan, mengambil ancang-ancang. Dengan konsentrasi penuh dan tenaga terpusat di tangan, kemudian sarung dilemparkan ke angkasa. Sarung itu akan berputar mengembang.

Beberapa anak berusaha memburu untuk memasukkan kepalanya ke lingkaran sarung yang berputar merendah ke arah tanah, jangan sampai sarung mendahului menyentuh tanah. Putaran sarung di atas itu akan tampak indah dipandang dari jauh, lebih-lebih kalau kain sarungnya warna-warni, dan akan meriah dengan sorakan-sorakan anak yang bermain. Permainan ini dilakukan dengan suka hati.

Source https://bpsnt-bandung.blogspot.co.id/ https://bpsnt-bandung.blogspot.co.id/2009/09/permainan-tradisional-anak-anak-jawa.html#.WrMvK2pua1s
Comments
Loading...