Permainan Adat Ginggung Bangkalan

0 51

Permainan Adat Ginggung

Permainan ini diberi nama ginggung karena mungkin mempunyai persamaan dengan bunyinya yaitu “ging-gung—ging-gung—ging-gung”. Permainan ini adalah permainan rakyat Madura, sangat terkenal di kalangan para petani, terutama penggembala ternak. Di desa Sa-plasa kecamatan Sepulu daerah Kabupaten Bangkalan permainan ini sangat digemari. Desa Sa-plasa terletak di daerah pegunungan, sekitar 35 km dari kota Bangkalan.

Di daerah lain di Madura yang termasuk penggemar permainan ini, yaitu daerah pantai utara kabupaten Sampang dan Pamekasan. Di daerah tersebut permainan ini tidak dikenal dengan nama ging- gung, tetapi dikenal dengan nama rending. Tidak diketahui apa arti rending . hanya yang dimaksud adalah permainan semacam ginggung.

Ginggung dapat dimainkan di waktu siang dan malam. Tergantung kepada pemainnya. Sebab permainan ini adalah permainan yang bersifat menghibur diri di waktu senggang. Tetapi karena, menimbulkan suara, maka irama ginggung ini dapat pula dinikmati oleh siapa pun yang mendengarnya. Adakalanya permainan ini dimainkan di ladang waktu menggembala ternak atau menjaga ladangnya. Tetapi juga dapat dimainkan di rumah atau diundang orang. Siapapun dapat memainkannya, tua, muda, anak-anak, laki-laki, perempuan. Hanya kalau perempuan memainkannya di dalam rumah.

Source http://plat-m.com/ http://plat-m.com/mengenal-permainan-adat-ginggung/

Leave A Reply

Your email address will not be published.