Perkembangan Alat Musik Rebab

0 46

Perkembangan Alat Musik Rebab

Alat musik rebab merupakan alat musik yang memiliki dua atau tiga utas senar yang berbahan dari logam, sedangkan untuk rebabnya sendiri berbahan tembaga. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara digesek. Seiring dengan perkembangan, alat musik rebab telah mengalami revolusi, seperti pada bagian rebab yang dahulunya terbuat dari tembaga, saat ini terbuat dari bahan baku alami, sedangkan pada bagian yang memanjang terbuat dari kayu nangka, kemudian dibagian tubuhnya yang berbentuk hati terbuat dari kayu yang berongga dan kemudian ditutup oleh usus, kulit, atau kemih lembu yang telah dikeringkan, yang digunakan sebagai resonator atau pengeras suara.

Alat musik rebab merupakan alat musik yang masuk dirangkaian perangkat gamelan yang umumnya dipakai untuk mengiringi sebuah pertunjukkan seperti wayang, kliningan, celempungan atau sebagai pengiring tembang Cianjuran atau mamaos bersama kecapi dan juga seruling, alat musik ini juga digunakan sebagai pengiring dari nyanyian sinden. Khususnya di dalam gamelan, fungsi rebab ini tidak hanya sebagai pengiring, namun juga berfungsi untuk menuntun arah sebuah lagu.

Rebab ini memiliki bunyi yang sangat khas. Dengan bunyi yang lirih, rebab ini dijadikan salah satu instrument pembuka di dalam sebuah pertunjukkan kesenian wayang, selain itu juga, dengan cakupan wilayah nadanya yang sangat luas dan dapat masuk ke dalam laras apapun, rebab ini dijadikan sebagai penentu arah dari tembang dan juga untuk menuntun alat musik lainnya saat beralih dari suasana yang satu ke suasana lainnya. Tidak heran jika ada yang menyebutkan bahwa alat musik rebab merupakan pemimpin tembang.

Source https://www.kamerabudaya.com/ http://www.kamerabudaya.com/2016/11/mengenal-alat-musik-tradisional-rebab.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.