budayajawa.id

Perilaku Dan Tata Krama Masyarakat Jawa

0 22

Masyarakat Jawa pada umumnya berperilaku sesuai dengan tata krama Jawa. Selain itu, tata krama tersebut tidak terlepas dari budaya Jawa dan sistem- sistem yang dianut sebagian masyarakat di Jawa. Perilaku umum Suku Jawa:

  1. Perilaku penjelasan tutur kata saat menggunakan bahasa Jawa harus menyesuaikan keadaan, siapa yang diajak bicara ataupun yang dibicarakan, berdasarkan usia dan status sosialnya. Ada dua bahasa Jawa, yaitu bahasa Jawa ngoko dan bahasa Jawa krama rendah diri. Masyarakat Jawa cenderung suka merendahkan dirinya dan tidak menonjolkan diri karena akan memiliki kesan sombong mengambil keputusan lamban masyarakat Jawa cenderung tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan karena dipikir terlebih dahulu dan dimusyawarahkan. Menghormati Orang yang lebih tinggi derajatnya, masyarakat Jawa cenderung menghormati bahkan mengagumi orang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi. Mudah beradaptasi dan bergaul, masyarakat Jawa tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, masyarakat Jawa juga pandai mengubah suasana.
  2. Perilaku penjelasan rasa kekeluargaannya tinggi masyarakat Jawa suka mengobrol cenderung suka berkumpul. Mereka cenderung suka menjalin hubungan baik dengan orang lain untuk menghindari konflik. Suka menolong orang lain karena rasa kekeluargaannya yang tinggi, masyarakat Jawa mudah iba melihat orang lain kesusahan. Tidak memiliki inisiatif, masyarakat Jawa cenderung tidak memiliki inisiatif dalam melakukan suatu hal. Orang tersebut menunggu perintah atau instruksi dari atasan, baru mau melakukan pekerjaan itu. Suka menunda pekerjaan ketika diberi suatu pekerjaan, selalu saja ada alasan untuk menunda pekerjaannya. Mereka tidak sadar akan tanggung jawab mereka pada pekerjaan atau tugas-tugasnya. Tidak suka ikut campur ketika mengetahui permasalahan yang dimiliki oleh seseorang, masyarakat Jawa cenderung tidak suka ikut campur dan tidak mau terlibat dalam masalah tersebut.
Source https://www.slideshare.net https://www.slideshare.net/fajarsyahruramdhan/budaya-jawa-manajemen-indonesia
Comments
Loading...