Pergelaran Wayang Garing

0 195

Pergelaran Wayang Garing

Wayang Garing merupakan seni tradisional khas Kabupaten Serang. Wayang garing masih bisa dijumpai di Serang, Banten, hingga hari ini. Dalangnya pun masih ada, yakni Kajali yang tinggal di Kampung Wadgalih, Desa Mendaya, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang.

Pada hari-hari tertentu, pagelaran wayang garing dapat disaksikan di Kabupaten Serang bagian timur, seperti Carenang, Pontang, Tirtayasa, dan daerah-daerah yang dulunya masuk wilayah Kawedanan Ciruas. Kesenian itu biasanya digelar warga saat musim hajatan pernikahan atau khitanan.

Yang membuat wayang garing tetap disukai penggemarnya. Pertama, tidak merepotkan tuan rumah yang menanggap kesenian itu karena tidak banyak peralatan yang dibutuhkan. Tuan rumah hanya menyediakan gedebok, layar, beserta lampu.

Kenyataan praktis itu juga dialami dalang wayang garing yang dapat membawa wayang dengan naik ojek, bus, atau angkutan umum lainnya. Bahkan, Kajali mengaku, jika jarak ke tempat warga yang menanggap dekat, ia cukup mengangkut wayang dengan sepeda ontel.

Menggelar wayang garing ini tidak ribet seperti menggelar wayang kulit atau wayang golek. Wayang garing bisa digelar di mana saja, tidak harus di tempat atau rumah yang halamannya luas. Tuan rumah tidak banyak mengeluarkan biaya untuk menjamu maupun untuk upah dalang. Itu karena hanya seorang dalang yang ditanggung akomodasi dan upahnya.

Soal tarif, tergantung jarak tempat pertunjukan.untuk luar kota seperti Kronjo (Kabupaten Tangerang) dan sekitarnya, tarifnya Rp 300.000. Untuk luar provinsi, seperti Indramayu, Rp 600.000. Sedangkan untuk wilayah Serang dan sekitarnya, Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Hal yang biasa jika dalang wayang garing tiba-tiba di tengah pertunjukan permisi “ke belakang”. Atau, tiba-tiba ia mengatakan, “Penonton, saya capek, mau istirahat dulu, ya”, atau “Penonton, ada yang bawa rokok? Minta rokoknya, dong….”, dan sebagainya. Hal-hal seperti itu mungkin “tabu” dalam pedalangan konvensional atau, terkesan “edan”. Namun, justru itulah yang disukai para penonton.

Source https://www.facebook.com/notes/wayang-nusantara-indonesian-shadow-puppets/wayang-garing-wayang-asli-dari-banten/10150763731431110/
Comments
Loading...