Perbedaan Kalender Jawa dan Masehi

0 29

Perbedaan Kalender Jawa dan Masehi

Setiap bangsa maupun suku di dunia ini memiliki kalender untuk menentukan penanggalan hari, bulan maupun tahun. Sistem penanggalan ini juga telah berlaku sejak lama dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Demikian pula di tanah Jawa yang mengenal adanya penanggalan itu. Kalender dalam penanggalan Jawa diketahui berbeda dengan Masehi. Jika dicermati ada beberapa perbedaan mendasar antara dua cara penghitungan kalender tersebut.

  1. Penanggalan Jawa dihitung berdasarkan putaran bulan terhadap bumi, penanggalan Masehi dihitung berdasarkan putaran bumi terhadap matahari.
  2. Selisih tahun Jawa dan Masehi 67 tahun. Jika tahun Jawa 1943 maka Masehi 2010, selisih ini terjadi karena adanya perbedaan jumlah hari per bulannya.
  3. Jumlah hari dalam kalender Jawa 29 dan 30, sedangkan Jumlah hari tahun Masehi antara 30 dan 31 kecuali pada bulan Februari hanya 28 hari.
  4. Jumlah hari dalam satu tahun kalender tahun Jawa 354 – 355 hari, jumlah hari dalam satu tahun kalender Masehi 365 – 366 hari.
  5. Kalender Jawa mengitung 1 pasaran 5 hari (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon), sedang kalender Masehi menghitung 1 minggu 7 hari (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu).
  6. Pergantian hari pada tahun Jawa pada waktu petang atau saat Magrib, pergantian hari pada tahun Masehi mulai pukul 24.00 (12 malam).
Source http://krjogja.com/ http://krjogja.com/web/news/read/3174/Perbedaan_Kalender_Jawa_dan_Masehi

Leave A Reply

Your email address will not be published.