Peran Permainan Dalam Sosial Masyarakat Jawa Barat

0 222
Dalam pendidikan tradisional, penghargaan terhadap seorang anak sangat penting. Selain itu permainan tradisional sangat penting untuk mendidik anak sehingga penting untuk pendidikan anak. Anak pun bisa menjadi teladan untuk orang dewasa ungkapannya yaitu bahwa mendapat ilmu dari anak disebut guru rare. Seperti diungkapkan dalam Naskah Siksa Kanda Ng Karesian.
Apa yang ditulis dalam naskah Siksa Kanda Ng Karesian merupakan sebuah bukti bahwa bagi masyarakat Sunda, permainan tidak semata-mata hanya pelengkap, namun permainan sebagai sebuah cara untuk mendidik anak, baik itu untuk masa depan anak maupun masa sekarang dari sang anak.
Dalam permainan anak tradisional Sunda,  dapat dikategorikan menjadi beberapa bentuk, yaitu :
1. Permainan pengenalan dan latihan
Biasanya yang dilakukan oleh anak yang termasuk kategori bayi, seperti permainan menggigit-gigit.Hal itu sangat bagus untuk otot gigi pada sang anak.
2. Permainan simbolik imajinatif
Biasanya si anak menciptakan “dunia” dalam imajinasi nya. Sehingga dia dapat bermain, misalnya dengan balok kayu yang dia ciptakan menjadi mobil-mobilan. Penciptaan “dunia” imajinatif ini, merupakan penciptaan kembali dunia nyata atau realita sesuai dengan imajinasi nya dari dunia tidak nyata.
3. Permainan dengan aturan-aturan.
Permainan ini mulai dilakukan oleh seorang anak hingga dewasa. Pengenalan aturan-aturan permainan memungkinkan si anak mampu untuk sharing dengan sesamanya. Sehingga nak merasa lebih terbuka.
Source Peran Permainan dalam Sistem Sosial Masyarakat Jawa Bara PERANCANGAN GAME “GALAH ASIN” UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA TRADISIONAL JAWA BARAT
Comments
Loading...