Peran Penting Tari Jaipong Sebagai Hiburan Dan Ajang Berkomunikasi

0 76

Peran Penting Tari Jaipong Sebagai Hiburan Dan Ajang Berkomunikasi

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda ketika anda mendengar kata “Tari Jaipong”. Tari Jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Tarian tersebut merupakan tarian tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hampir sebagian masyarakat Indonesia pernah menonton pertunjukan tarian ini.

Tarian diciptakan oleh seniman berdarah Sunda yaitu Gugum Gumbira dan Haji Suanda. Tarian ini adalah penggabungan dari beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu. Sehingga membuat gerakan dalam tarian ini sangat enerjik dan juga unik. Untuk tarian ini menjadi tarian yang sangat menarik dan enerjik dengan diiringi oleh alat musik degung.

Gerakan tari dalam tarian ini sangat enerjik, ceria, dan humoris, sehingga banyak orang yang ikut menari saat menonton pertunjukan tarian ini. Selain itu tarian ini juga sering mengundang gelak tawa para penonton. Karena keunikannya, sampai sekarang tarian ini masih sangat diminati masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat.

Berbagai acara pentas seni yang mementaskan tarian ini membuat para masyarakat menjadi terhibur. Bertemunya orang-orang pada saat pertunjukan tarian ini membuat orang-orang tersebut akan mudah bertukar informasi. Meskipun banyak hiburan modern yang bermunculan, kesenian tradisional ini sampai sekarang masih tetap diminati dan menjadi hiburan yang menarik bagi para masyarakat.

Karena banyak diminati masyarakat, tarian ini menjadi salah satu icon untuk mempromosikan kekayaan daerah. Bandung sangat diuntungkan dengan adanya tarian ini, karena seiring berjalannya waktu, peminat atau penonton pertunjukan tarian ini semakin bertambah. Peminat tarian ini tidak hanya masyarakat dari dalam negeri saja, melainkan dari mancanegara juga banyak yang penasaran akan keunikan dari tarian ini. Untuk itu kenapa tarian ini menjadi kesenian andalan di Jawa Barat.

Source https://www.romadecade.org https://www.romadecade.org/tari-jaipong/#!
Comments
Loading...