Peran Agama Islam Dalam Budaya Jawa

0 210

Peran Agama Islam Dalam Budaya Jawa

Budaya Islam di Indonesia merupakan percampuran dari budaya Animisme, Hindu-Budha dan Islam. Islam merupakan agama yang sangat mengedepankan pluralitas. Karena Islam adalah agama yang universal. Oleh karena itu Islam dimanapun berada akan berusaha menyesuaikan dengan budaya lokal termasuk di Indonesia. Islam Indonesia bukanlah Islam Timur Tengah, tapi Islam Indonesia adalah Islam yang sudah ber-fleksibel dengan budaya lokal dari Indonesia.

Sebagai muslim yang taat dan warga yang menghormati karya nenek moyang, sudah sepantasnya kita mengambil yang baik dari budaya lama dan menambah yang lebih baik lagi dari yang baru. Bukan malah merasa menjadi yang paling baik dan memandang budaya lain salah.

Kita juga harus memandang perbedaan sebagai suatu kekayaan, sehingga akan tercapai perdamaian. Bukan malah memandangnya sebagai kekuatan yang akan melemahkan eksistensinya, seandainya kita emandang kenyataan seperti ini, maka kedamaian dunia sudah diambang kepunahan.

Tradisi maulid barzanzi pada berbagai acara selametan merupakan adaptasi tradisi para leluhur yang didalamnya mengandung nilai-nilai Islam dengan tradisi lokal. Barzanzi rupanya hanya bersifat seremonial yang bersifat Islami dengan tujuan agar mendapat ridho dari Allah.

Dari segi sosial, solidaritas antar warga dalam mensukseskan sahibul bait patut dihargai. Yang oleh Kuntowijoyo dianggap sebagai ttradisi yang dapat membingkai nilai solidaritas sosial yang patut dilestarikan. Karena itu budaya maulid barzanzi pada acara selametan bukan suatu hal yang menyimpang dari nilai agama, melainkan suatu budaya baik yang patut dihargai sebagai produk budaya lokal.

Source http://fatahkrezno.blogspot.com/ http://fatahkrezno.blogspot.com/2010/05/harmonisasi-islam-dan-budaya-di-jawa.html
Comments
Loading...