Peralatan Ubarampe Kirab Gunungan Pada Upacara Adat Pasar Kumandang

0 58

Peralatan Ubarampe Kirab Gunungan Pada Upacara Adat Pasar Kumandang

Pasar Kumandang diselenggarakan dalam rangka mengisi bulan Suro (penanggalan Jawa). Sudah menjadi kegiatan rutin/tradisi oranng Jawa pada bulan Suro dianggap sebagai bulan untuk melakukan tirakat. Banyak permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mencari berkah, kesehatan, keberhasilan baik dibidang pertanian maupun perdagangan dan atau kesuksesan. Bulan untuk perenungan dengan apa yang telah dilakukan. Bulan untuk bebenah diri.

Peralatan Ubarampe Kirab Gunungan

Gunungan terbuat dari Kuningan, dengan maksud : jejeg, tegak seperti gunung dan tidak punya keinginan lain kecuali permintaan keselamatan kepada Sang Pencipta.

Sudamala terbuat dari Kuningan maksudnya : Suda artinya hilang mala artinya penyakit. Dengan melakukan ritual atau permohonan, hati harus bersih, hilang dari godaan atau gangguan makhluk halus.

Lilin : symbol penerangan agar selalu diberi jalan yang lurus atau cahaya.

Tumbak : senjata untuk selalu waspada bila ada musuh yang datang.

Payung : mendapatkan pengayoman atau perlindungan.

Umbul –umbul : agar bisa dikenal diberbagai lapisan masyarakat, Bumi Intanpari terkenal sampai luar daerah.

Gunungan Hasil Bumi : semoga Kabupaten Karanganyar bisa subur makmur tata tentrem kerta raharja. Baldatun tayyibatun warobbun ghofur.

Source http://tradisibudaya.blogspot.co.id/ http://tradisibudaya.blogspot.co.id/2012/11/upacara-adat-pasar-kumandang.html
Comments
Loading...