Penyebaran Gambang Kromong

0 48

Penyebaran Gambang Kromong

Alat musik tradisional betawi Gambang Kromong merupakan orkes musik yang di namanya ada perbaduan 2 buah benda, yakni Gambang dan Kromong, Gambang kromong memanfaatkan alat musik tradisional khas betawi pada sebuah pementasannya. Ada juga yang menjulukinya menjadi orkes Tradisi Cina Banteng.

Gambang Kromong juga merupakan bukti dari sebuah toleransi terhadap sesama yang selaras, di unsur pribumi dengan etnis Tionghoa, mengapa seperti itu? walaupun alat musik ini dipakai terdapat nuansa Tionghoa layaknya Sukong, Tehyan, dan Kongahyan, Perpaduan itulah yang menjadikan suatu perbedaan menjadi indah.

Penyebaran Gambang Kromong

Gambang Kromong yang kita ketahui sama-sama adalah kesenian musik Betawi yang hampir merata keseluruh mokasi betawi (dalam arti DKI Jakarta dan area sekitarnya). Jika anda pergi ke daerah yang kental dengan kebudayaan Cina dan juga betawinya tentu anda akan menemukan kelompok orkes Gambang Kromong di daerah itu.

Lagu yang dipentaskan kesenian musik Gambang Kromong sering mempunyai kandungan umor, syair-syair penyemangat, kegembiraan, tak jarang bersifat sarkasme (sindiran ) berupa candaan yang menyinggung yang mempunyai tujuan sebagai peningkat tali silaturahmi antar sesama.

Pada tulisan Phoa Kian Sioe dalam majalah Panca Warna No.9 terhadap tahun 1949 yang judulnya “Orkes Gambang . Hasil kesenian Tionghoa peranakan di Jakarta” disebutkan  bahwa Gambang Kromong merupakan perurutan dari orkes Yang Khim.

Source https://alatmusik.org/ https://alatmusik.org/alat-musik-tradisional-betawi/
Comments
Loading...