Pentas Tari Bersama, Taman Indonesia Kaya Semarang

0 173

Pentas Tari Bersama yang merupakan sebuah pementasan tari oleh sanggar-sanggar yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Sanggar Tari (FSST) Jawa Tengah dengan tarian andalan masing-masing sanggar di Taman Indonesia Kaya Semarang.Pentas Tari Bersama ini diadakan pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018. Pementasan di bagi dua, pada pukul 17.00 – 17.45 wib khusus tarian anak-anak, kemudian pada pukul 19.30 – 22.000 wib untuk tarian dewasa yang diselenggarakan di Taman Indonesia Kaya Semarang.

Pementasan ini diadakan oleh Sanggar Greget Semarang yang berhome base di Jl. Pamularsih I No 2 Bongsari, Semarang Barat, Bojongsalaman, Jawa Tengah 50149 yang bekerja sama dengan Kementrian Koordinator Bidang Manusia dan Kebudayaan beserta Taman Indonesai Kaya Semarang.

Pada tahun ini mengambil tema “Gerakan Masyarakat Berbasis Budaya”dengan makna bahwa Pentas Tari Bersama ini benar-benar merupakan inisiatif dari gerakan masyarakat dan sanggar-sanggar tari dalam mengekspresikan jiwa seni sebagai bagian dari pelestarian dan pengembangang seni budaya Indonesia secara nyata.

Beberapa sangar tari yang ikut memeriahkan acara ini antara lain, Sanggar Greget Semarang, Studio Taksu Surakarta, Satria Kabupaten Wonosobo, Kembang Lawu Kabupaten Karanganyar, Kinara-Kinari Kabupaten Magelang, Laras Irama Kabupaten Banjarnegara, Tim Kesenian Kabupaten Batang dan Pasopati Kabupaten Boyolali.

Sedangkan tari-tarian yang ditampilkan terbagi menjadi 2 bagian, dimana pada pukul 17.00 – 17.45 wib khusus tarian anak-anak, ada Tari Duyung Kencana, Tari Geumbira Aceh, Tari Pakarena, Tari Kinjeng, Tari Pring dan Tari Pendet, selain itu juga ada tampilan air mancur menari.

Pada pukul 19.30-22.00 wib ada Tari Gunungan, Tari Gambyong, Tari Tenun, Tari Bajidor Kehot, Tari Topeng Lengger, Tari Sawung Tani, Tari Gelar Baris, Tari Marungan, Tari Simo Gringsing, Tari Batik, Tari KInara-kinari, Tari Carica dan Tari Pesona Jawa Tengah.

Selain tari-tarian, yang ditampilkan pada Pentas Tari Bersama ini juga menampilkan edukasi tentang tari sebagai kearifan dan budi pekerti oleh Dr. S. Pamardi S.Kar, M.Hum (Dosen ISI Surakarta) serta penghargaan untuk Ki Srihadi karena jasa beliau dengan  karya-karya gending untuk  tari, pedalangan, wayang dan ketoprak.

Tujuan dan harapan diadakan pementasan ini adalah sebagai ajang silaturahmi antar sanggar-sanggar tari dan bagian dari pelestarian dan pengembangan seni tari sebagai seni budaya Indonesia secara nyata, ujar Yoyok B. Priyambodo (Ketua FSST Jawa Tengah).

Apa yang dilakukan dengan seni dan budaya ini dapat diambil nilai-nilai dan manfaatnya, baik dari segi bidang pariwisata maupun yang lainnya, selain itu juga sebagai bagian dari inspirasi bagi kreatifitas terutama bagi seniman maupun masyarakat Jawa Tengah khususnya Kota Semarang.

Source https://myimage.id https://myimage.id/pentas-tari-bersama/
Comments
Loading...