Pengiring Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

0 65

Pengiring Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

Penjelasan Tari Remo Tarian yang berasal dari daerah jombang Jawa Timur. Tari ini merupakan salah satu jenis tarian yang biasa dipentaskan untuk penyambutan tamu besar. Jumlah penari dapat ditampilkan baik oleh satu atau lebih penari. Konon tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen.

Berasal dari kecamatan Diwek Di desa Ceweng, tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen tari. Awalnya tarian ini digunakan sebagai pengantar pertunjukan ludruk. Namun, seiring perkembangannya tarian ini lebih digunakan sebagai sambutan atas tamu kenegaraan, ditarikan dalam upacara-upacara kenegaraan, maupun dalam festival kesenian daerah.

Dahulu tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Karena berhubung dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Pertunjukan tari ini umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Akan tetapi dalam perkembangannya tarian ini menjadi lebih sering ditarikan oleh perempuan, sehingga memunculkan gaya tarian yang lain: Remo Putri.

Pengiring

Musik pengiring adalah gamelan dengan jenis irama yang sering dibawakan untuk mengiringi Tari Remo adalah Jula-Juli dan Tropongan, namun dapat pula berupa gending Walangkekek, Gedok Rancak, Krucilan atau gending-gending kreasi baru. Dalam pertunjukan ludruk, penari biasanya menyelakan sebuah lagu di tengah-tengah tariannya.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/10/tari-remo-tarian-asal-daerah-jombang.html
Comments
Loading...