Pengaruh Hindu Jawa

0 282

Pengaruh Hindu Jawa

Coedes (Koentjaraningrat (1994 : 38-40)) menjelaskqan bahwa bukti-bukti tertua mengenai adanya negara-negara Hindu Jawa berupa prasasti-prasasti dari batu yang ditemukan di pantai utara Jawa Barat kurang lebih 60 kilometer sebelah timur kota Jakarta di lembah sungai Cisedane. Walaupun tidak ada tanggal pada prasasti itu, tetapi dilihat dari bentuk dan gaya huruf India Selatan dari tulisannya dapat diketahui bahwa prasasti itu merupakan suatu diskripsi mengenai beberapa upacara yang dilakukan oleh seorang raja untuk merayakan peresmian bangunan irigrasi dan bangunan keagamaan dalam abad ke-11 M.

Kebudayaan Hindu mengkin telah mendominasi hampir seluruh Asia Selatan dan Asia Tenggara pada waktunya, tetapi pengaruhnya yang terbesar adalah terhadap masyarakat istana, sedangkan konsep-konsep Hindu hanya sedekit mempengaruhi masyarakat petani di daerah pedesaan yang cara hidupnya barangkali tidak banyak berubah sejak abad-abad yang lalu.

Dapat dibedakan dua tipe umum kerajaan Hindu-Indonesia, yaitu :
  • Kerajaan-kerajaan pantai yang didasarkan atas perdagangan yang berkembang sekeliling suatu kota pelabuhan.
  • Kerajaan-kerajaan yang terletak di daerah pedalaman, dilembah-lembah dan daratan tinggi yang sangat subur diantara sungai-sungai dan komplek-komplek gunung berapi di Jawa.

Dalam kerajaan-kerajaan agraris di Jawa maupun di banyak kerajaan di Asia Tenggara, berkembang konsep khusus mengenai sifat raja. Dasarnya adalah kesadaran orang-orang akan hubungan yang dekat antara susunan alam semesta dengan kerajaan manusia. Pandangan mengenai susunan alam semesta pada orang Jawa jaman dahulu itu diambil alih dari agama Hindu, yang menganggap bahwa alam semesta merupakan benua berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh beberapa samudera dengan pulau-pulau besar di empat penjuru, yang merupakan tempat tinggal keempat penjaganya yang keramat.

Walaupun pandangan kita banyak tentang cara hidup, pandangan hidup, dan agama raja-raja, para bangsawan, dan para pemuka agama dalam masyarakat Jawa zaman dahulu yang dapat kita pelajari dari piagam-piagam kerajaan, kesusasteraan Jawa kuno dan sisa-sisa candi-candi kuno serta monumen-monumen keagamaan, kita samasekali tidak tahu apa-apa mengenai kehidupan para petani di daerah pedesaan jaman itu.

Source Pengaruh Hindu Jawa kompasiana
Comments
Loading...