Pengantin Jadur Kabupaten Gresik

0 28

Pengantin Jadur

Upacara Pengantin Jadur, dilaksanakan acara prosesi (kirab) calon pengantin pria menuju ke rumah calon mempelai wanita diiringi hadrah. Biasanya jika pengantin pria sampai di perempatan jalan lalu berhenti. Di sinilah kelompok pencak silat yang mengikuti acara kirab mengadakan demontrasi. Setelah sejenak mengadakan demontrasi, acara prosesi dilanjutkan hingga sampai di depan rumah calon pengantin wanita.

Pengiring berhenti sejenak kemudian serah terima kembar mayang dan seperangkat lamaran dan kedua orang tua calon pengantin saling bertemu dan berjabat tangan dengan maksud sebagai tanda penerimaan calon pengantin pria ke hadapan keluarga calon mempelai wanita. Kemudian orang tua calon pengantin pria menghantar calon pengantin pria ke hadapan orang tua calon pengantin wanita untuk sembah sungkem.

Dilanjutkan seorang perias mempertemukan kedua pengantin sambil berdoa, setelah itu keduanya menuju ke kamar (bilik) untuk menyerahkan mas kawin dari pengantin pria kepada pengantin wanita. Perias mengantar kedua mempelai ke hadapan orang tua pengantin pria, pengantin wanita sembah sungkem ke orang tua pengantin pria tersebut.

Dilanjutkan kedua pengantin diantar duduk ke pelaminan. Selanjutnya orang tua pengantin pria berpamitan ke orang tua pengantin wanita untuk kembali bersama pengiringnya. Seorang perias mengantar kedua pengantin dari pelaminan ke kamarnya disusul kedua orang tua dan kerabatnya.

Source http://jawatimuran.net/ http://jawatimuran.net/2014/01/11/pengantin-jadur-kabupaten-gresik/

Leave A Reply

Your email address will not be published.