Pengantin Gagrag Blitar

0 63

Pengantin Gagrag

Perkawinan merupakan salah satu mata rantai siklus kehidupan manusia, dimulai dari kandungan, masa anak-anak, remaja, dewasa, dan memasuki jenjang perkawinan, berakhir masa tua dan kematian. Perkawinan sebagai salah satu puncak siklus kehidupan, tentunya juga memerlukan serangkaian tata upacara tertentu, di antaranya memilih hari baik, sesaji, dan upacara-upacara inti yang semuanya bermakna spiritual.

Setiap rantai peristiwa tersebut mewujudkan adanya perubahan status dalam diri seseorang. Masyarakat Jawa meyakini bahwa setiap perubahan peristiwa merupakan saat yang gawat dalam kepercayaan Jawa disebut werit, untuk itu harus mendapatkan perhatian agar dapat dilewati dengan selamat dan selalu mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Mengingat upacara perkawinan merupakan peristiwa besar dan dianggap luar biasa, maka wajarkan apabila acara perkawinan dirayakan dengan besar-besaran. Juga urutan upacara adat tahap derni tahap dilaksanakan dengan khidmat, mulai persiapan, pelaksanaan, dan acara puncak. Tampaknya memang merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan mempelai apabila bisa melaksanakan tata urutan adat dengan baik dan tertib. Sekarang mungkin akan lebih bangga, karena Blitar sudah mempunyai tata busana, tata rias, tata upacara adat, lengkap dengan gending iringan milik sendiri. Yaitu Kartika Rukmi untuk pengantin kerakyatan dan Kresnayana untuk pengantin kebesaran, bukan Solo Putri atau Solo Basahan yang merupakan “pinjaman” milik daerah lain.

Kartika Rukrni dan Kresnayana merupakan hasil garap dari Tim Penggali dan Penggarap Manten Gagrag Blitar yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar yang diketuai oleh S. Djito Santoso, SE, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal dengan anggota terdiri dari budayawan sejarawan, seniman designer, pengurus Harpi Melati, Katalia, dan Tiara Kusuma, juga melibatkan para pini sepuh yang biasa jadi dhukun manten

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2012/07/03/pengantin-gagrag-blitar/
Comments
Loading...