Beberapa Pemikiran Orang Jawa

0 237

Pemikiran Orang Jawa

Pemikiran yang berkembang di Jawa di antaranya ialah:

1.Kalau Menyapu Tidak Bersih, Suaminya Brewokan

Dahulu, terutama yang perempuan menyukai laki-laki yang wajahnya bersih dari brewok. Mitos ini bertujuan menakuti-nakuti perempuan supaya mereka menyapu dengan sungguh-sungguh hingga bersih.

Brewok pada masa itu, mengambarkan hal-hal yang belum bersih, jadi jikalau malas membersihkan rumah, maka perempuan tersebut akan mendapatkan laki-laki yang malas membersihkan dirinya. Sehingga sebagai pemacu orang agar bersih dalam menyapu.

2. Jangan Keluar Rumah di Waktu Magrib, Nanti Bisa Diculik Wewe Gombel

Anak-anak memang sangat takut dengan Wewe Gombel yang konon katanya suka menculik anak-anak. Makanya dibuat mitos ini yang bertujuan supaya anak-anak tidak keluar saat magrib tiba, sebab waktu magrib adalah waktunya orang beribadah. Bahkan sampai sekarang pun kalau bepergian waktu mendekati magrib orang akan menunggu setelah magrib dulu. Sebab waktu magrib adalah waktunya orang beristirahat sejenak.

3. Anak Perempuan Yang Duduk di Depan Pintu akan Sulit Dapat Jodoh

Mitos jawa yang satu ini berkembang dan bertujuan untuk mendidik anak perempuan supaya berlaku sopan. Sebab, duduk di depan pintu dianggap kurang sopan, sebab secara langsung menghalang-halangi orang yang mau masuk maupun mau keluar ruangan tersebut.

4. Kalau Makan Harus Habis. Jika Tidak, Hewan Ternak Akan Mati

Mitos Jawa ini ditujukan terhadap anak yang susah di suruh makan dan tidak mau menghabiskan makanananya. Sebab di jaman dulu, hampir semua keluarga pasti memiliki hewan ternak dan biasanya hewan tersebut hewan yang disayangi oleh si anak tersebut, diharapkan si anak mau makan dan menghabiskan makanannya. Tapi, saat budaya berternak di pekarang rumah ditinggalkan. Ada satu hal yang diajarkan melalui mitos ini yaitu menghargai makanan sebagai rezeki, sebab banyak orang yang mati karena kelaparan.

Sehingga setiap larangan ada makna yang terkandung di dalamnya.

Source Pemikiran Orang Jawa vowasiknya.com
Comments
Loading...