Pembagian Ruang Kamar pada Rumah Adat Jawa Timur

0 820

Pembagian Ruang Kamar pada Rumah Adat Jawa Timur

Ciri khas rumah Joglo yang paling dikenal adalah atapnya yang menjulang tinggi, terutama bagian tengahnya. Ujung dari atap bagian ini juga dihiasi dengan dekorasi atap yang khas. Adapun pembagian ruangan kamar tersebut ialah :

1. Kamar kanan

Kamar yang berada di sebelah kanan Rumah Joglo Situbondo disebut dengan Sentong Tangen.

2. Kamar tengah

Sentong tengan merupakan penyebutan lain untuk kamar tengah yang ada di Rumah Joglo Situbondo.

3. Kamar kiri

Untuk kamar yang terletak di sebelah kiri Rumah Adat Joglo Situbondo disebut dengan Setong Kiwo.

Ada pula desain Dekorasi. Dekorasi yang berupa ukiran di pintu rumah sangat diyakini oleh pemilik rumah bisa melindungi rumah dari semua hal buruk yang akan menimpa.

Keunikan lain adalah tentang ruang tengah yang ada di rumah adat ini. Masyarakat Jawa Timur menganggap ruang tengah sebagai ruangan yang sacral, sehingga kamar ini hampir setiap hari selalu diberi penerangan lampu baik siang ataupun malam hari. Sehingga selalu ada pencahayaan yang masuk di ruangan kamar tersebut.

Kasur lengkap dengan bantalnya dan juga cermin beserta sisir rambut yang dibuat dengan bahan berupa tanduk merupakan isi dari kamar bagian tengah.

Ruangan disebelah kiri Rumah Adat Joglo Situbondo diperuntukkan sebagai kamar tidur orang tua. Sementara untuk ruangan di sebelah kanan rumah digunakan sebagai gudang tempat penyimpanan barang dan juga peralatan untuk bertani. Sehingga setiap penempatan sudah di atur.

Source Pembagian Ruang Kamar pada Rumah Adat Jawa Timur lihat.co.id
Comments
Loading...