Pemain Angklung Buhun Kesenian Dari Banten

0 212

Pemain Angklung Buhun diharuskan laki-laki yang merupakan para seniman Buhun dan jumlahnya disesuaikan dengan alat musik, yaitu sembilan orang pemain Angklung dan tiga orang pemain Bedug. Pertunjukan ini diawali dengan ritual khusus pembacaan doa dan pemberian sesajen oleh seorang kuncen, lalu pemain membuat formasi melingkar sambil memainkan alat musik yang diiringi tarian juga tembangan lirih. Pertunjukan juga diselingi dengan adu kekuatan oleh dua orang yang saling mengadu hingga salah satunya jatuh, dan hal ini dilakukan secara berulang-ulang sampai salah salah satu dari mereka menyatakan menyerah tanda berakhirnya ritual.

Pada Februari 2016, kesenian Angklung Buhun diperkenalkan pada dunia internasional dalam acara Chinghay Night Fiesta di Singapura. Acara yang bertemakan “Life of Legacy, Bright Singapore” itu disaksikan sekitar 360 ribu masyarakat dari penjuru dunia. Event inipun dijadikan ajang promosi pariwisata Indonesia (Wonderful Indonesia and Exciting Banten).

Pertunjukan Angklung Buhun saat ini sudah jarang ditemukan mengingat pertunjukan ini hanya dilakukan pada acara sakral dan bagian dari ritual, sehingga hanya ditampilkan pada acara tertentu saja. Namun, meskipun begitu kita masih bisa meluapkan rasa penarasan dengan mengikuti atau melihat acara adat yang diiringi dengan kesenian Angklung Buhun seperti acara adat Seren Taun di Cisungsang dan Seba di masyarakat Baduy Kabupaten Lebak.

Source http://az-zalfa.blogspot.co.id/2017/07/mengenal-angklung-buhun-pengiring.html http://az-zalfa.blogspot.co.id
Comments
Loading...