Pawai Jampana Tradisi Bandung

0 696

Pawai Jampana Tradisi Bandung

Bandung, Jawa Barat merupakan kota yang sangat bersih nan indah yang kaya akan objek wisatanya, akan tetapi tak hanya wisata saja. Kota ini juga memiliki budaya dan tradisinya tersendiri yang tak kalah unik. Salah satu contoh tradisinya yaitu Pawai Jampana.

Tradisi ini merupakan salah satu pawai yang dilaksanakan dan di lakukan oleh masyarakat setempat yang sudah di lakukan sudah sejak zaman dahulu kala. Tradisi ini berbeda dari yang lain, pada saat acara pawai ini hidangan yang di gunakan merupakan hasil masyarakat setempat sebagai hasil bumi penduduk di kota ini.

Biasanya tradisi ini diikuti oleh seluruh masyarakat yang di dampingi pula dengan sesepuh yang ada di daerah ini. Tandu, merupakan tempat yang di gunakan untuk menaruh hidangan hasil bumi masyarakat. Tandu ini  terbuat dari bambu yang dianyam. Di dalam tandu ini berisi berbagai makanan hidangan  seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Biasanya tandu ini di pikul lebih dari dua orang karena ukurannya besar dan sangat berat.

Selain itu banyak para penduduk yang menyaksikan pergelaran yang satu ini  baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Tradisi ini sangat kental di wilayah ini, masyarakatnya pun juga saling menjadi akan kelestarian tradisi Pawai Jampana ini. Pada saat pelaksanaannya pun sangat urut dan tertib. Makna dari tradisi ini adalah sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada sang pencipta atas hasil bumi yang telah di berikannya. Tak hanya itu makna lain dari tradisi ini yaitu memupuk kegiatan gotong royong dengan masyarakat sekitar agar terciptanya masyarakat yang tentram dan rukun.

 

 

Source Pawai Jampana Tradisi Bandung bintang
Comments
Loading...