Pawai Andul Kuningan

0 169

Pawai Andul

Desa Kadurama adalah salah satu desa di Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa Kadurama terdiri dari 3 blok/dusun yaitu pahing (sebelah barat), wage ( tengah) dan manis (sebelah timur). Adapun salah satu keunikan yang terdapat di Desa Kadurama adalah pawai andul yang selalu dilaksanakan setiap peringatan hari besar islam terutama pada saat maulid nabi. Mungkin orang-orang banyak yang bertanya apa itu andul? Andul adalah sebuah benda yang terbuat dari bambu yang dibentuk sesuai keinginan si pembuatnya. Biasanya terdapat semacam perlombaan barang siapa yang memiliki andul paling unik akan mendapat suatu hadiah dari panitia.

Maka dari itu, setiap peringatan hari besar islam masyarakat desa kadurama berlomba-lomba untuk membuat kreasi andul seunik-uniknya. Pada malam harinya semua kreasi andul digiring dalam pawai peringatan hari besar islam. Pada malam hari andul tersebut akan terlihat seperti lampion berbentuk macam-macam serta didalamnya terdapat lilin ataupun lampu sehingga menerangi perjalanan selama pawai. Ada yang berbentuk bintang, bulat biasa, hati, bahkan ada yang sampai membuat menyerupai hewan dan manusia yang semua itu terlihat sangat unik. Menurut sesepuh desa kadurama, kreasi andul tersebut sudah ada sejak dari mereka kecil, kira-kira puluhan tahun yang lalu. Dahulu Selain digunakan untuk pawai peringatan hari besar islam, andul juga digunakan sebagai alat penerangan rumah mereka. Namun seiring berjalannya waktu, makin kesini banyak sekali perubahan baik dari bentuk, kegunaan maupun kreasinya.

Dari segi bentuk dan kreasi, dahulu hanya dibuat seadanya yakni berbentuk bulat biasa sedangkan makin kesini masyarakat terus mengembangkan bentuk dan kreasi andul agar terlihat seunik-uniknya. Dari segi kegunaannya, jika dahulu digunakan sebagai penerangan, kini tidak perlu lagi digunakan untuk itu karena sudah tersedia lampu listrik. Bahkan ada beberapa warga desa yang memanfaatkan andul sebagai ladang mencari nafkah. Setiap peringatan hari besar islam ada beberapa warga menyediakan berbagai macam bentuk dan kreasi andul sehingga warga yang ingin memiliki andul tanpa membuatnya sendiri bisa membeli dari warga yang menjual andul. Bukan hanya itu, warga pun bisa memesan bentuk andul apa yang mereka inginkan ke si pembuat andul dengan harga sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membuatnya. Jadi saat ini andul hanya dimanfaatkan keunikan dan keindahannya saja dan hanya sebagai media pengembangan kreasi masyarakat khususnya masyarakat Desa Kadurama.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Pawai-Andul/
Comments
Loading...