Patung Loro Blonyo, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

0 48

Patung Loro Blonyo, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

Agar nuansa pernikahan adat Jawa semakin terasa. Sebaiknya dekorasi pernikahan juga disesuaikan. Dalam pernikahan adat Jawa, elemen dekoratif bisa mengambil inspirasi dari beberapa ornamen khas. Tak jarang elemen dekoratif tersebut menyimpan makna dan filosofis yang baik untuk kedua mempelai.

Meskipun kini dekorator semakin kreatif memberikan sentuhan modern pada dekorasi bernuansa tradisional. namun tetap saja ada beberapa ornamen dekoratif yang identik pada  pernikahan Jawa. Salah satu ornamen dekoratif yang identik pada  pernikahan Jawa yaitu Patung Loro Blonyo.

Patung loro blonyo yang berarti dua lapik atau dasar merupakan simbol dari laki-laki dan perempuan yang diibaratkan sebagai pasangan Dewi Sri dan Sendhana. Dewi Sri selalu digambarkan sebagai gadis muda yang cantik seperti dewi Sinta dari kisah Ramayana. Begitu pula dengan pasangannya Sedhana, yang diibaratkan dengan rupa bagus selayaknya tokoh Rama. Patung ikonik khas Jawa ini konon melambangkan kesetiaan suami istri dalam kehidupan berumah tangga.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/perlengkapan-pernikahan/lima-elemen-dekoratif-yang-identik-pada-pernikahan-jawa-4370
Comments
Loading...