Patrol Sarang: Kesenian Gulat Tradisional dari Rembang

0 245

Seni budaya dan olahraga gulat tradisional “Pathol Sarang” (PS), Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, selama puluhan tahu dilema. Terkenal tidak, tidak terkenal juga tidak. Berulangkali Pemkab Rembang lewat dinas terkait termasuk Dinas Pendidikan, berupaya memasyarakatkannya. Bahkan berusaha menjadikannya ikon daerah tersebut. Namun hasilnya seperti (selalu) belum memuaskan.

Pathol Sarang tak hanya populer dimasyarakat khususnya kaum nelayan di Kec.Sarang dan Kec.Kragan. Para nelayan sepanjang Pantai Utara Kab.Rembang dari ujung Barat ; Kaliori, Pacar Gegunung, Rembang-Kota, Lasem, Bonang, Pandangan sampai Kragan dan Sarang diujung Timur, sudah sangat mengenalnya. Disebut “Pathol Sarang”, karena seni gulat tradisional ini berkembang awalnya dari (kaum nelayan) Kec.Sarang.

Pathol berasal dari katamathol/kepathol (tak bisa bergerak). Para nelayan setempat kerap minta tolong temannya, saat perahunya kepathol tak bisa bergerak (terkunci) karena kandas. Dari istilah itu (terkunci) tadi, dalam pertarungan PS dua pria berhadapan. Berusaha (saling) mengunci satu sama lain (lawannya). Sampai salah satu diantaranya benar-benar terkunci dan menyerah, atau dinyatakan kalah.

Source http://rubik.okezone.com/view/5224/seni-gulat-tradisional-patrol-sarang-rembang-setengah-langkah
Comments
Loading...