budayajawa.id

Budaya Pasar Terapung, Termasuk Dalam Budaya Banjar Yang Ada Juga Di Jawa Barat

0 12

Pasar terapung atau floating market adalah pasar dimana penjualnya melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan perahu di atas perairan seperti sungai atau danau.

Pasar terapung ini sudah ada lebih dari 400 tahun lalu dan merupakan sebuah bukti aktivitas jual-beli manusia yang hidup di atas air. Seperti halnya pasar-pasar yang ada di daratan, di pasar terapung ini juga dilakukan transaksi jual beli barang seperti sayur-mayur, buah-buahan, segala jenis ikan, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Pembelian dari tangan pertama disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan.

Salah satu keunikan dari Pasar Terapung adalah desak-desakan antara perahu besar dan perahu kecil yang mencari pembeli, serta penjual yang bersliweran kesana kemari.

Sebenarnya ada 5 pasar terapung yang ada di Indonesia 2 diantaranya ada di Jawa Barat,  yaitu : Pasar Ah Poong yang terletak di sungai Cikeas, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Kemudian Pasar Apung Lembang ini sering juga disebut dengan Floating Market Lembang yang berada di Lembang, Bandung Utara.

Source http://dianmrz.blogspot.co.id http://dianmrz.blogspot.co.id/2014/03/budaya-dan-adat-istiadat-suku-banjar.html
Comments
Loading...