Pareresan Majalengka

0 175

Pareresan

Pareresan merupakan tradisi syukuran pasca panen raya masyarakat Desa Sunia Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Desa ini merupakan desa yang sedikit terpencil dan jauh dari pusat kota. Jarak dan waktu tempuh dari tempat lain : jarak tempuh dari pusat Kota Majalengka menuju Suniabaru ± 27 km, dengan waktu tempuh 2 jam. Jarak tempuh dari Kantor Kecamatan Banjaran ± 8 km, dengan waktu tempuh 1 jam. Jarak tempuh dari ibukota provinsi Jawa Barat ± 85 km, dengan waktu tempuh 3 jam. Waktu tempuh ke pusat fasilitas terdekat (ekonomi, kesehatan, pemerintahan) 30 menit.

Tradisi ini biasanya dilaksanakan dua tahun sekali, tentunya pasca panen raya dan diadakan selama 7 hari 7 malam. Pareresan diisi oleh yang acara tablig akbar, wayang golek, dangdutan, seni adu domba, dan sesajen untuk para leluhur desa setempat. Inti dari acara ini adalah syukuran kepada Yang Maha Kuasa.

Melihat sejarah dari Kecamatan Talaga itu sendiri, dahulu orang-orang yang berdomisili di Talaga menganut agama Hindu sebelum islam datang, maka dari itu banyak kebudayaan-kebudayaan Hindu yang masih melekat di Kecamatan Talaga seperti sesajen pada pareresan meski penduduknya kini 100% beragama islam.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Pareresan/
Comments
Loading...