Hal-Hal Yang Boleh dan Dilarang Pada Orang Yang Meninggal

0 555

Hal-Hal Yang Boleh dan Dilarang Pada Orang Yang Meninggal

Bagi masyarakat di Jawa tidak heran bila ada yang meninggal orang-orang dan sanak saudara melayat ke rumah orang yang meninggal tersebut.Hal-hal yang dapat di lakukan baik itu saudara maupun kerabat dari orang yang meninggal ialah sebagai berikut :

1 .Boleh membuka wajah mayit dan menciumnya, dan tidak boleh menangisi sampai berhari-hari
2.  Orang yang di tinggal harus bersabar,sebab orang yang masih hiduppun nantinya akan pergi juga dan kembali ke asalnya.
3. Tidaklah menyalahi kesabaran jika ada wanita yang tidak berhias sama sekali asal tidak melebihi tiga hari setelah meninggalnya ayahnya atau selain ayahnya.Dan tidak boleh menggunakan perhiasan bila itu yang meninggal adalah suaminya selama beberapa bulan.
4. Jika yang meninggal selain suaminya, maka lebih afdhal jika tidak meninggalkan perhiasannya untuk menyenangkan suaminya

Sedangkan hal-hal yang tidak di anjurkan pada saat ada orang yang meninggal ialah sebagai berikut :

1. Meratap, yaitu menangis berlebih-lebihan, berteriak, memukul wajah, merobek-robek kantong pakaian dan lain-lain.Sebab hal tersebut biasanya juga tidak di anjurkan
2. Mengacak-acak rambut
3. Laki-laki memperpanjang jenggot selama beberapa hari sebagai selama beberapa hari sebagai tanda duka atas kematian seseorang. Jika duka sudah berlalu maka mereka kembali mencukur jenggot lagi.
4. Mengumumkan kematian lewat menara-menara atau tempat lain, karena cara mengumumkan yang seperti itu biasanya tidak di perbolehkan.

Pada masyarakat di Jawa biasanya bila ada orang yang meninggal segera datang ke masjid untuk mengumumkannya berita tersebut,tujuannya untuk memberitahu bahwa saudara mereka ada yang meninggal dan untuk datang mendoakan.Dan bagi keluarga yang di tinggalkan agar memiliki ketegaran hati dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

 

Source Hal-Hal Yang Boleh Dan Dilarang Pada Orang Yang Meninggal media islam salawiyah
Comments
Loading...