Pantangan Menikah Berdasarkan Adat Jawa

0 82

Pantangan Menikah Berdasarkan Adat Jawa

Pantangan Menikah Berdasarkan Adat Jawa masih banyak di pegang teguh oleh sebagian besar masyarakat Tulungagung. Mereka menyakini bahwa barang siapa yang melanggar pantangan Menikah ini, kelak kedepannya rumah tangganya akan mengalami banyak problema dan akan berdampak buruk pada keluarga besarnya. 

Walaupun tidak ada fakta yang bisa mendasar Sebab Akibat melanggar Pantangan Menikah ini, tetapi karena sudah menjadi tradisi turun temurun, keyakinan ini sangat sulit untuk di hilangkan. Dan apabila ada yang melanggar Pantangan Menikah ini, akan jadi bahan pergunjingan masyarakat sekitarnya.

Berikut ini beberapa Pantangan Menikah Berdasarkan Adat Jawa yang masih berkembang di wilayah kabupaten Tulungagung:

Mlumah Murep

Pantangan Menikah dengan kategori “Mlumah Murep” apabila Calon pasangan yang akan menikah memiliki saudara/kerabat yang berjenis kelamin lain berasal dari daerah asal pasanganya tersebut 

Lusan (Telu Pisan)

Pantangan Menikah dengan kategori “Lusan” apabila calon pasangan menikah memiliki dua saudara yang sudah lebih dulu menikah, sedangkan pihak keluarga pasanganya belum ada saudaranya yang menikah. Apabila pasangan itu menikah, maka akan terjadi pernikahan yang ketiga dan pertama bagi keluarga masing masing pasangan. Hal inilah yang di maksud dengan lusan, Hal yang harus di hindari oleh pasangan menikah menurut adat jawa 

Turun Telu

Pantangan Menikah kategori “Turun Telu” apabila calon pasangan menikah memiliki garis silsilah ke tiga dari keluarga masing masing. Hal ini berarti bahwa kedua calon menikah memiliki kakek/nenek yang masih bersaudara. Atau dalam kebiasaan orang jawa di sebut canggah.

Posisi Rumah Berhadapan

Pantangan Menikah dengan kategori “Posisi Rumah Berhadapan” apabila calon pasangan menikah memiliki posisi rumah mereka saling berhadapan arahnya. 

Menikah Dengan Daeran Tertentu

Pantangan Menikah dengan kategori “Menikah Dengan Daerah Tertentu apabila calon pasangan menikah berasal dari daerah yang terdapat pantangan untuk menikah dengan warga yang ada dalam daerah tertentu. Seperti tempat saya tinggal, seluruh warga desa duwet tidak boleh menikahi warga desa sodo kecamatan pakel kabupaten tulungagung. Padahal kedua desa itu bersebelahan, tetapi warga kedua desa itu meyakini bahwa pernikahan antara warganya dilarang.

Source http://www.alvia-danis.com/ http://www.alvia-danis.com/2016/12/pantangan-menikah-berdasarkan-adat-jawa.html
Comments
Loading...