Mitos Ibu Hambil Makan Durian di Jawa

0 265

Mitos Ibu Hambil Makan Durian Di Jawa

Dalam masyarakat Jawa ibu hamil mempunyai banyak pantangan – pantangan yang harus di hindari. Salah satunya adalah memakan buah Durian. Di Jawa ibu hamil dilarang memakan buah durian, hal ini juga sudah di buktikan secara medis bahwa buah ini tidak baik di gunakan pada waktu sedang hamil. Pada dasarnya buah durian ini mengandung lemak, protein dan karbohodrat zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan besi juga ada di dalamnya.

Kalori yang terkandung di dalam buah ini sangat tinggi sehingga tidak di anjurkan bagi ibu yang sedang mengandung. Selain itu buah ini juga banyak mengandung gula yang tidak baik untuk kesehatan sang calon bayi.

Secara tradisional memang durian tidak boleh dimakan sewaktu hamil. Durian dipercaya memiliki efek “panas” yang berbahaya bagi kehamilan. Namun penelitian mengenai efek durian untuk konsumsi wanita hamil belum  terlalu pasti membahayakan. Namun, pada ajaran nenek moyang, buah yang satu ini tidak boleh untuk di konsumsi terlalu banyak bagi ibu hamil karena di percayai dapat menyebabkan keguguran.

Buah durian mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut dapat menimbulkan kontraksi. Durian dapat menyebabkan terjadinya diabetes karena glukosa yang ada dalam durian, sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung ibu dan janin. Hal tersebut menjadikan buah yang satu ini tidak boleh untuk di konsumsi banyak.

Source Pantangan Ibu Hambil Makan Durian Di Jawa ovy 19's blog
Comments
Loading...