Pantangan Di Kampung Adat Cikondang Bandung

0 322

Pantangan Di Kampung Adat Cikondang Bandung

Kampung Cikondang adalah tempat yang indah, dimana pohon-pohon melimpah tinggi besar tertanam di sekitar Kampung Cikondang tidak hanya itu apabila kita menelusuri terdapat aliran-aliran air kecil yang ada disepanjang Kampung Cikondang. Jika berkunjung ke kampung cikondang ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi khususnya larangan saat pelaksanaan acara upacara adat Musiman, seperti, melangkahi nasi tumpeng saat upacara berlangsung.

Begitu juga konca, susudi, dan takir, menendang duwegan, terutama duwegan untuk keperluan sajian (sajen), yang melanggar akan mendapatkan musibah. Pernah ada kejadian pelanggar mendapatkan musibah tabrakan yang membuat kakinya cacat seumur hidup, masyarakat yang mencari daun pisang manggala ke hutan untuk keperluan upacara adat harus bersama-sama, jika dilakukan sendiri akan tersesat walaupun sebelumnya menguasai kawasan hutan di daerahnya, dilarang Pergi ke hutan pada hari Kamis dan lain sebagainnya.

Banyak hal menarik lainnya yang merupakan ciri khas dari kampung adat Cikondang yang bisa anda saksikan sendiri jika berkunjung ke sana seperti adanya upacara adat yang dilakukan setiap tanggal 15 muharam dengan tujuan syaukuran kepada yang maha kuasa, kemudian ada juga berbagai kegiatan seperti ngaruat lembur, rasulan, ngabungbang, tirakatan, upacara kematian dll.

Selain itu juga, masyarakat kampung cikondang ini sangat memegang teguh pesan turun temurun dari nenek moyang mereka seperti Empat pesan dari kabuyutan sebagai berikut:

  1. Atap rumah tidak boleh menggunakan genting dan rumah harus menghadap ke utara. Maknanya : jangan lupa akan asal muasal kejadian bahwa manusia dari tanah dan mati akan menjadi tanah. Maksudnya jangan sampai menjadi manusia yang angkuh, sombong, dan takabur.
  2. Jika ibadah haji harus menjadi haji yang mabrur yaitu haji yang mempunyai kemampuan baik lahir maupun batin.
  3. Tidak boleh menjadi orang kaya. Maknanya : sebab menjadi orang kaya khawatir tidak mau bersyukur atas nikmat dari Tuhannya.
  4. Tidak boleh menjadi pejabat di pemerintahan. Maknanya : takut menjadi pejabat yang tidak dapat mengayomi semua pihak.
Source https://tempatwisatadibandung. https://tempatwisatadibandung.info/kampung-adat-cikondang-pangalengan-bandung/
Comments
Loading...