Pakualaman Punya Tradisi Unik Pergantian Prajurit Jaga

0 49

Pakualaman Punya Tradisi Unik Pergantian Prajurit Jaga

Puro Pakualaman punya tradisi unik pergantian tugas jaga yang dilakukan oleh prajurit yang dimilikinya . Upacara pergantian pasukan ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan Pura Pakualaman setiap Sabtu Kliwon.

Penghageng Pambudidaya KPH Kusumo Parasto mengungkapkan dahulunya bregada Pura Pakualaman ada tiga macam. Diantaranya Bregada Lombok Abang, Bregada Plangkir dan Kavelari atau pasukan berkuda.Tetapi sekarang hanya dua pasukan, yakni Bregada Lombok Abang dan Bregada Plangkir.

Saat prosesi dilakukan,Pasukan yang akan bergantian tugas beriringan masuk Pura Pakualaman. Unen-unen atau alat musik dibunyikan mengiringi masuknya pasukan ke halaman Pura Pakualaman. Tak lama, Manggalayuda, memasuki pelataran upacara untuk memimpin prosesi pergantian tugas bregada.

Salah satu mengambil duaja yakni bendera berwarna merah. Selanjutnya salah satu Bregada lainnya menancapkan bendera berwarna hitam menandai dimulainya tugas selama 35 hari ke depan.

Source https://www.starjogja.com https://www.starjogja.com/2017/03/27/pakualaman-punya-tradisi-unik-pergantian-prajurit-jaga/
Comments
Loading...