budayajawa.id

Pakaian Pengantin Khas Suku Sunda

0 24

Pakaian Pengantin Khas Suku Sunda

Suku Sunda ini mempunyai kebudayaan khas, yang mana Kebudayaan Sunda ini memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi para wisata-wisatawan yang berkunjung kedaerah Suku Sunda. Suku Sunda juga menawarkan beberapa kesenian, dan kebudayaan yang terdapat di Jawa Barat. Karena kebudayaan dan kesenian Suku Sunda ini sangat banyak sekali, mari kita simak penjelasan yang telah ditulis dibawah ini, selamat menyimak teman-teman.

Ketika sedang bergaya dengan pakaian, penduduk sunda mengenali beberapa jenis pakaian adat yang didasarkan pada fungsinya masing masing, umur, tingkatan sosial kependudukan  pemaikainnya. Tingkatan pemakai pakaian adat itu berdasarkan tingkat strata sosial pemakainya, misalnya seperti pakaian adat Jawa Barat.

Pakaian Pengantin Khas Suku Sunda

Keperluan-keperluan untuk upacara adat perkawinan, para kedua mempelai adat suku sunda ini akan menggunakan Pakaian Pengantin Sakupura, yang mana Pakaian Pengantin Sakupura itu dikhususkan untuk dipakai oleh para pengantin ketika melaksanakan upaca adat perkawinan.

Pakaian pengantin untuk mempelai pria ini menggunakan jas tutup yang berwarna putih, kemudian dilengkapi dengan ikat pinggang yang berwarna putih juga, kain rereng yang diguanakan sebagai bawahan, tutup kepala seperti bendo, dan menggunakan selop warna putih sebagai alas kakinya.

Selain itu, ada tambahan hiasan seperti kalung yang panjang dari bunga melati, dan kujang atau keris sebagai senjata tradisionalnya. Kemudian untuk mempelai wanitanya menggunakan pakaian, seperti kebaya brukrat yang berwarna putih, bagian bawahannya menggunakan bahan berupa kain rereng eneng, ikat pinggang yang berwarna emas, dan selop warna putih untuk dijadikan alas kaki.

Selain menggunakan itu, ada juga hiasan-hiasan seperti perhiasan kilat bahu, kalung-kalung panjangm gelang, bros, cincin, giwang, dan sanggul untuk rambut yang dilelangkapi dengan hiasan-hiasan siger subadra lima rangkaian bunga sedap malam, dan yang terakhir tujuh buah kembang goyang.

Source https://baabun.com/tentang-suku-sunda-kebudayaan-adat-istiadat/
Comments
Loading...